Dua puluh Tujuh Ribu Lebih Anak Segera Divaksin, Bupati Ende Lakukan Pencanangan Di SD GMIT Ende IV

- 20 Januari 2022, 15:07 WIB
Airlangga Iskandar Mberu Siswa SD GMIT Ende IV Didampingi Ibunya Aries Dwi Lestari Siswa Pertama Trima Vaksin
Airlangga Iskandar Mberu Siswa SD GMIT Ende IV Didampingi Ibunya Aries Dwi Lestari Siswa Pertama Trima Vaksin /Alex Raja S/
 
 
Warta Sadando-Dalam rangka mencegah penularan covid 19 Pemerintah Kabupaten  Ende  secara gencar melakukan vaksinasi covid 19 kepada masyarakat.
 
Setelah pelaksanaan vaksinasi bagi  orang dewasa dan lansia,kini dilakukan vaksinasi covid- 19 kepada anak usia 6 - 11 tahun di Kabupaten  Ende.
 
Bertempat di SDI  GMIT Ende  IV, Kamis 20 Januari 2022 ,Bupati Ende Djafar Achmad mencanangkan program vaksinasi yang diperuntukkan bagi anak yang berusia 6-11 tahun.
 
 
Dalam pencanangan tersebut,dua orang siswa SD GMIT masing-masing Airlangga Iskandar Mberu dan  Galet Mispa Tonu Weni sebagai orang pertama dan kedua yang di vaksin covid-19 jenis sinovac. 
 
Bupati  Ende Djafar Achmad saat pencanangan vaksin anak mengatakan , tujuan dari pemberian vaksin anak ini untuk melindungi anak dari covid 19 yang masih mewabah, apalagi lembaga pendidikan kini sudah membuka sekolah dan melakukan tatap muka. 
 
" Sekolah- sekolah sudah melaksanakan tatap muka namun harus  tetap mematuhi protokol kesehatan.Pemberian vaksin bagi anak kita adalah langkah tepat untuk menjaga mereka dari bahaya covid -19" kata Djafar Achmad.
 
 
Dia menyebutkan, masyarakat pasti  tidak ingin pandemi Covid-19 terjadi seperti pada awal penyebaran kasus ini.Karena sangat mengganggu semua sektor kehidupan termasuk pendidikan.
 
"Pencanangan ini, sebagai upaya pencegahan covid terhadap anak - anak ,sehingga mereka dapat mengikuti aktivitas belajar dengan aman" ujar Djafar.
 
Dirinya  mengajak agar  masyarakat sama-sama menyukseskan vaksinasi Covid -19  bagi anak usia 6-11 tahun demi mencegah covid-19 dikabupaten Ende ini.
 
 
Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Ende dr Aries Dwi Lestari mengatakan, setidaknya sebanyak 27.853 Anak di kabupaten Endè akan divaksin. Seperti pelaksanaan vaksin pada umumnya ,lanjut Aries, pemberian vaksin pada anak tetap melalui proses screening.  
 
Dikatakanya, tujuan dari vaksin untuk anak ini adalah mengurangi transmisi lokal, menurunkan angka kematian, meningkatkan kekebalan dan melindungi anak di Kabupaten Ende dari virus Corona.
 
" Vaksin kepada anak -anak ini sudah  melalui uji lab dan surat keputusan bersama Menteri Pendidikan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri. Anak yang akan disuntik akan melalui proses screening seperti orang dewasa," katanya.
 
 
Pemberian vaksin kepada anak usia 6-11 tahun ini adalah jenis Sinovac.Setelah dilakukan pencanangan ini, lanjut Aries, maka pada 24 Januari 2022 nantinya akan segera dilakukan vaksin bagi semua anak serentak di 21 kecamatan,25 fasilitas kesehatan .
 
" Mereka diberikan vaksin Sinovac dua dosis masing-masing 0,5 Ml dengan interval waktu 28 hari" kata Aries yang melanjutkan sebagai  pelaksananya oleh Dinas Kesehatan dan bekerja sama Polisi dan TNI.
 
Kepala SDI GMIT Ende IV,  Julius Kores memengatakan bahwa pihak sekolah sudah melakukan pendekatan dengan orang tua siswa disertai surat kesepakatan bersama àgar anaknya mengikuti vaksin covid 19. Sehingga bisa melakukan kegiatan pencanangan vaksinasi di sekolahnya.
 
 
Dikatakanya, untuk  SD GMIT Ende IV sendiri  sekitar 200 anak yang akan divaksin. 
 
" Sekolah sudah melakukan pendekatan dengan  orang tua  dan melakukan sosialisasi.Ada surat kesepatakan bersama. Ada 200 lebih anak yang akan divaksin dan kita lakukan  bertahap,"pungkasnya.
 
Dalam acara tersebut, jadir Kapolres Ende, AKBP Albertus Andreana, Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Nelson Paido Marpaung dan beberapa pimpinan OPD terkait.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

x