Longsor KM 21 ,Jalur Ende- Maumere Putus Total

- 19 Januari 2022, 10:27 WIB
Salah satu titik longsoran di km 21
Salah satu titik longsoran di km 21 /Alex Raja S/

Warta Sasando-  Hujan pagi hari ini ,Rabu 19 Januari 2022 dengan intensitas yang cukup tinggi  menyebabkan longsor di sejumlah titik yang ada di wilayah kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur.
 
Seperti yang terjadi di desa Roa kecamatan Detusoko tepatnya KM 21 arah timur kota Ende.Jalur jalan trans Nasional yang menghubungkan Ende dengan Maumere kabupaten Sikka tersebut putus total.
 
Terpantau setidaknya ada dua titik yang berdekatan di lokasi tersebut yang mengalami longsor atau di desa Roa kecamatan Detusoko. 
 
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kabupaten Ende Fransikus Lewang dikonfirmasi pertelepon  membenarkan terjadi longsoran di lokasi tersebut.
 
" Benar terjadi longsoran di km 21. Ada dua titik yang cukup parah" kata Lewang.
 
Lewang  menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satker PJN IV NTT untuk melakukan penggusuran material longsoran.
 
 
" Informasi dari Satker , mereka sudah bergerak dan kini sedang melakukan penggusuran.Mudah- mudahan secepatnya bisa segera digusur sehingga transportasi bisa normal kembali" kata Lewang.
 
Kepada masyarakat dia menghimbau untuk berhati-hati melintasi jalur jalan yang sering mengalami longsoran seperti km 14, km 17,km 18 hingga Km 21 arah timur kota Ende.
 
Titik longsor di jembatan Roa
Titik longsor di jembatan Roa
 
" Dalam kondisi cuaca hujan seperti ini hindari perjalanan pada malam hari, dan hati-hati pada siang hari" kata dia.
 
 
Salah seorang warga masyarakat Daniel Sonsida  yang pagi ini melintasi jalan tersebut mengatakan, saat tiba dititik pertama longsoran , kendaraan kecil roda empat bisa lewat.
 
" Titik pertama di km 21 tadi kami bisa lewat .Tapi untuk kendaraan besar belum bisa karena harus  tunggu gusur dulu" kata Daniel per telepon yang tengah bertugas  di Jopu kecamatan Wolojita.
 
Dia menyebutkan saat melewati desa Roa tepatnya di jembatan, terjadi longsoran yang juga cukup besar.Longsoran tersebut membuat jalur transportasi dari Ende ke Maumere putus total.
 
 
" Pas kami lewat terjadi longsoran tepatnya di jembatan Roa.Material cukup besar sampai menutupi sebagian jembatan" kata Daniel.
 
Beberapa kendaraan harus terjebak di lokasi tersebut.Setidaknya ,ada antrean kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

x