Antisipasi Bencana Dan Dampaknya, Kepolisian Resort Ende Gelar Apel Kesiapan Penanganan Bencana

- 25 November 2022, 16:12 WIB
Kapolres Ende AKBP Andre Librian memeiriksa kesiapan sarana menghadapi bencana
Kapolres Ende AKBP Andre Librian memeiriksa kesiapan sarana menghadapi bencana /Humas Polres Ende /
 
Warta Sasando- Mengantisipasi terjadinya  bencana alam dan dampaknya di wilayah Kabupaten Ende, Polres Ende ,Polda NTT menggelar Apel Kesiapan Penanganan Bencana Alam  bersama Instansi Terkait di halaman apel Mapolres Ende, Jumat 25 November 2022 
 
Bertindak selaku pimpinan Apel Kapolres Ende AKBP Andre Libran S.I.K., Komandan Apel Ipda Bambang Nurdin dan yang bertindak sebagai Perwira Apel Kabag Ops Polres Ende AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede Dandim 1602 Ende,Dandim 1602/Ende Letkol Inf I Nengah Pendi R,  Dansubdenpom IX I-1 Ende, Danpos Pemantauan TNI AL Ende, Kepala PT Jasa Raharja Kabupaten Ende, Danki 3 Batalyon B Brimob Ende, Kasat Pol PP Kabupaten Ende, Kepala Dinas Damkar dan Kepala BPBD.
 
 
Demikian informasi dan rilis berita yang diterima dari Humas Polres Ende,Jumad 25 November  2022.
 
Dalam amanatnya, Kapolres Ende AKBP Andre Librian mengatakan BMKG telah mengeluarkan peringatan terkait tingginya curah hujan yang disertai angin di beberapa wilayah NTT pada awal bulan November s/d Desember 2022.
 
Oleh Karena Itu, perlu dilakukan persiapan - persiapan yang meliputi kesiapan Personel dan Sarpras yang didukung dengan pelaksanaan latihan peningkatan kemampuan Personel baik masing-masing Instansi maupunn terpadu.
 
 
" Berdasarkan informasi dari BMG tersebut maka kita lakukan persiapan dalam rangka penanganan jika terjadi bencana nantinya " ujarnya. 
 
Persiapan lanjut dia , berupa kesiapan personil, kelengkapan sarana dan keterpaduan personil lintas instansi. 
 
" Kita menggelar apel pada kesempatan ini dalam rangka menghadapi dampak cuaca Ekstrim dan Internal bencana alam dengan tujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personil dan kelengkapan sarana keterpaduan unsur lintas sektoral" ujar dia.
 
 
Dikesempatan ini,Kapolres Ende AKBP Andre Librian menyampaikan beberapa point yang harus menjadi perhatian bagi seluruh peserta apel.
 
1. Petakan potensi bencana yang terjadi diwilayah masing-masing.
 
2. Selalu berlandaskan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta komitmen moral disiplin kerja yang tinggi serta keikhlasan dalam melaksanakan tugas.
 
 
3. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap diri atau personil maupun kesatuan dalam setiap pelaksanaan tugas sehingga mampu merespom secara cepat dan tepat setiap bentuk bencana yang terjadi diwilayah Kabupaten Ende.
 
4. Menyiapkan serta memelihara kondisi fisik dan mental untuk senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kapan pun dan dimana pun.
 
5. Mempersiapkan dengan baik seluruh peralatan sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran bencana alam dan keberhasilan dalam menghadapi.
 
 
6. Perkuat dan mengedepankan kerjasama solidaritas dan sinergitas antar instansi serta segenap elemen masyarakat lainnya dalam memberikan pela terbaik kepada masyarakat.
 
7. Senantiasa jaga keselamatan diri masing-masing di saat bertugas dan saling mengingatkan satu sama lain dalam hal kebaikan dan keselamatan serta selalu ingat bahwa keluarga anak dan istri menunggu kita kembali kerunah dalam keadaan selamat dan sehat walafiat.
 
Setelah itu, Kapolres Ende AKBP Andre Librian melakukan pengecekan terhadap kesiapan personil  dan sarana perlengkapan. ***

Editor: Alex Raja S

Sumber: Humas Polres Ende


Tags

Terkini

x