Bupati Ende Serahkan Piagam Penghargaan Untuk 50 Desa , Ini Kata Bupati Ende Djafar Achmad

- 18 Februari 2022, 11:50 WIB
Bupati Ende Djafar Achmad saat mwbywtmenye piagam penghargaan kepada salah seorang Kepala Desa
Bupati Ende Djafar Achmad saat mwbywtmenye piagam penghargaan kepada salah seorang Kepala Desa /Humas Prokompin ense/

 
Warta Sasando-  Bupati Ende Djafar Achmad bertempat di halaman kantor,Kamis 17 Pebruai 2022 menyerahkan piagam penghargaan dan alokasi kinerja kepada 50 desa yang ada di kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur.
 
Penghargaan yang diberikan karena telah menyelesaikan dokumen RKP Desa dan APBDes tepat waktu usai apel kesadaran.
 
Hadir dikesempatan itu  wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede,Sekda Ende Agustinus Gaja Ngasu, Kapolres Ende AKBP Andre Librian,Forkompinda lainnya atau pejabat yang mewakili.
 
 
Bupati Ende menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi bagi para kepala desa dan seluruh perangkat desa atas prestasi kerja yang luar biasa.
 
" Ini prestasi yang luar biasa dari 50 desa karena dokumen RKP desa dapat diselesaikan tepat waktu" ujar Bupati Ende Djafar Achmad.
 
Dia menyebutkan,pada tahun 2022 ini, kabupaten Ende merupakan kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur  yang tercepat dalam penyaluran dana desa. Dia  berharap agar desa-desa yang ada untuk terus tingkatkan kinerja.
 
 
" Kepada kepala DPMD beserta jajarannya dan juga para camat saya harap untuk tetap melakukan pengawasan terhadap pengelolaan dana desa " pesan Djafar Achmad.
 
Di tahun 2023 nantinya kara Djafar , setidaknya lebih dari 50 persen desa di kabupaten Ende sudah bisa menyelesaikan RKP dan APBDes  tepat waktu.Karena itu dia menyebutkan akan terus mengawal sehingga bisa meraih prestasi baik.
 
Kepada desa yang belum atau masih  lamban ,dalam pencaiaran akibat belum rampungnya APBDes dan RKP ,dia berharap agar segera selesaikan. Dia berjanji  akan melihat seberapa jauh kendala desa-desa tersebut.
 
 
"Biasanya salah satu kendalanya adalah  hubungan dan komunikasi dengan Dinas kurang optimal dan berjalan baik" kata Djafar.Karenanya perlu ada komunikasi yang lebih intens lagi.
 
Camat Detusoko Dus Sentiasa terpisah mengatakan, sebanyak 16 desa diwilayah kecamatan Detusoko mendapatkan piagam penghargaan dari 19 desa yang ada .Dia mengatakan 16 desa di kecamatan Detusoko merupakan yang terbanyak dari semua kecamatan di kabupaten Ende yang mendapat penghargaan.
 
" Mestinya kami  di Detusoko sudah semua yakni sebanyak 19 desa. Tidak tahu hari ini hanya 16 desa saja " ujar Santiasa.
 
 
Dia menyebutkan, kolaborasi antara pihak Dinas PMD, kecamatan dan desa beserta aparat dan juga para pendamping akhirnya menuai hasil positif.Dikatakan, poin utamanya adalah merencanakan, menyelesaikan RKP dan APBDes sesuai dengan schedule yang tertuang dalam Undang-undang.
 
" Dengan komit mengikuti schedule kita selesaikan tepat waktu.Dan tiap hari setidaknya lima hingga desa kita  panggil untuk melakukan pendampingan" kata Santiasa.
 
Harapannya, akan terus dipertahankan khususnya dalam melakukan pendampingan sesuai dengan schedule yang sudah digariskan oleh undang-undang.
 
 
Kepala desa Detusoko Barat Ferdinandus Watu usai menerima penghargaan menyampaikan terima kasih.Menurur dia ,ini merupakan kolaborasi semua stakeholder,camat ,aparat desa, BPD serta para pendamping desa.
 
" Ini adalah kerja bersama kami baik ditingkat Dinas , kecamatan, aparat desa, BPD serta pendamping desa." pungkasnya***
 

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x