Gelombang Ketiga ,Positif Covid 19 Di Ende Meningkat Drastis .Pemda Ende Kembali Aktifkan Posko

- 17 Februari 2022, 12:41 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dr Aries Dwi Lestari
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dr Aries Dwi Lestari /Alex RS/
 
 
Warta sasando- Gelombang ketiga covid 19 di kabupaten di awal Pebruari 2022 akhirnya terbukti.Hal ini terlihat dimana dalam satu pekan terakhir terjadi peningkatan signifikan.Hingga ,Rabu 16 Pebruari 2022  terjadi setidaknya 61 kasus positif Corona -19.
 
Pemerintah kabupaten Ende,Rabu 16 Pebruari 2022  telah melakukan koordinasi lintas sektoral dengan menggelar rapat bersama Satuan Tugas Penanganan covid-19.Rapat yang digelar diruang kerja wakil Bupati Ende dipimpin langsung wakil Bupati Erikos Emanuel Rede.
 
Hadir, Wakil Ketua Satgas yang juga Dandim 1602 / Ende Letkol Inf.Nelson Paido  Makmur , asisten Pemerintahan Abraham Badu, Kadis Kesahatan,Kalak BPBD Ende, Kadis Transnaker, Kadis Sosial dan OPD terkait lainnya.
 
 
Asisten Pemerintahan kabupaten Ende Abraham Badu usai pertemuan mengatakan, menghadapi gelombang ketiga penyebaran Covid-19, maka pemerintah kabupaten Ende telah menggiatkan kembali Posko penanganan Covid-19.
 
" Kita giatkan kembali Posko penanganan Covid-19 hingga ke desa - desa seperti sebelumnya.Sementara akan perketat lagi tempat umum dalam penerapan protokol kesehatan" ujar Abraham Badu yang juga selaku Sekretaris Satgas ini.
 
Bersama Polisi serta TNi dan Satuan Polisi Pamong Praja akan melakukan razia Masker dan juga razia Vaksin.
 
 
" Jika kita temukan ada yang tidak pakai masker kita akan lakukan vaksin jika memang belum Vaksin" kata Abraham Badu.
 
Abraham berharap warga masyarakat untuk patuh terhadap Protokol Kesehatan,dan jika belum divaksin untuk bisa mengambil bagian dalam vaaksinasi demi menangkal virus Corona.
 
Dandim 1602/Ende Letkol inf Nelson Paido Makmur terpisah mengatakan, koordinasi bersama pemerintah dan Polisi akan terus dilakukan.Peran masyarakat dalam hal mencegah virus Corona adalah yang paling utama.
 
 
" Bukan saja pemerintah atau TNI atau Polisi namun masyarakatlah yang menjadi pelaku utamanya dalam mencegah virus" kata Nelson Paido Makmur.
 
TNI kata dia, siap untuk bekerja sama dalam rangka melakukan operasi atau razia dalam rangka penanganan Covid-19 tersebut.
 
Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Ende dr Aries Dwi Lestari dikesempatan yang sama mengatakan, apa yang diperkirakan akan terjadi gelombang ketiga persebaran Covid-19 terbukti.
 
Menurut dia, hingga Rabu 16  Pebruari 2022 setidaknya jumlah kasus mencapai 61 yang positif.Dia menyebutkan, terbanyak adalah orang tanpa gejala dan merupakan pelaku perjalanan.
 
" Saat hendak bepergian, dilakukan tes PCR di beberapa tempat seperti di Bandara, Klinik Polres maupun di Laboratorium Mahardika.Dan ternyata ditemukan kasus orang dengan tanpa gejala" ujar mantan Direktur RSUD Ende ini.
 
" Kuncinya cuma dua, yakni kita taat Protokol kesehatan dan sudah divaksin.Kalau yang sudah divaksin kondisinya tentu tidak akan parah":ujar Aries Dwi Lestari dokter spesialis Penyakit Dalam.
 
Untuk diketahui, 61 pasien yang terkonfirmasi positif kini tengah melakukan isolasi  di beberapa tempat yakni di KLK Transnaker sebanyak 6 orang, RSUD Ende 2 orang dan melakukan isolasi mandiri sebanyak 53 orang.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

x