Banggar DPRD Ende Setujui Anggaran Rp2,8 M untuk Kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila

- 11 Mei 2022, 06:31 WIB
Rapat Banggar DPRD Ende bersama TAPD bahas anggran Harla Pancasila
Rapat Banggar DPRD Ende bersama TAPD bahas anggran Harla Pancasila /Alex RS/

WARTA SASANDO - Setelah melalui rapat selama dua hari, 9-10 Mei 2022, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Ende bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) akhirnya menyepakati anggaran senilai Rp2,8 miliar untuk kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022.

Nilai anggaran tersebut sudah dirasionalisasi dari usulan awal Pemerintah Kabupaten Ende.

Pada rapat Banggar bersama TPAD, Senin 9 Mei 2022, usulan awal dari pemerintah sebesar Rp2,5 miliar.

Baca Juga: Oktavianus Moa Mesi Diumumkan Sebagai Calon Wakil Ketua DPRD Ende dalam Paripurna VII

Dalam perkembangannya, ada penambahan lagi khususnya dari Dinas Pariwisata dan Bagian Umum sehingga total anggaran yang diusul menjadi Rp 4,25 Miliar.
 
Dari usulan yang ada, Banggar DPRD Ende meminta TPAD melakukan efisiensi anggaran karena dinilai terlalu besar.
 
"Kami minta pemerintah kembali lakukan efisiensi, karena angka ini kami lihat sangat besar. Diharapkan pemerintah nantinya juga harus menguraikan jenis dan rincian kegiatan sehingga kami tahu, tidak hanya menyetujui saja anggaran ini," kata Ketua DPRD Ende, Fransiskus Taso yang memimpin rapat tersebut.
 
 
Dalam lanjutan rapat Banggar yang digelar Selasa 10 Mei 2022, TPAD mengusulkan anggaran yang telah dirasionalisasi dari usulan awal sebesar Rp3,5 miliar lebih.
 
Setelah melalui pembahasan yang cukup alot, Banggar DPRD Ende pada akhirnya menyetujui anggaran sebesar Rp2,8 miliar.
 
Terpisah anggota Banggar DPRD Ende Oktavianus Moa Mesi memberi warning terkait penggunaan anggaran nantinya.
 
 "DPRD telah mendukung penuh khususnya anggaran, karena itu gunakan anggaran yang cukup besar tersebut sesuai peruntukannya dan harus bisa dipertanggungjawabkan," ungkap Oktavianus Moa Mesi.
 
Sebelumnya Sekretaris Daerah Ende yang juga Ketua TPAD Agustinus Gaja Ngasu mengatakan, pemerintah kini telah dan sedang melakukan persiapan menyongsong peringatan Hari Lahir Pancasila.
 
Beberapa titik seperti Situs Rumah Pengasingan Bung Karno, Taman Bung Karno, Kantor Camat Ende Utara kini tengah dilakukan pembenahan. Begitu juga dengan Lapangan Pancasila.
 
 
"Dikerjakan sesuai petunjuk dari BPIP dan sesuai standar VVIP karena yang datang nantinya Presiden Joko Widodo," ujarnya.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

x