Selain Presiden, 18 Pejabat Negara Direncanakan Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende

- 10 Mei 2022, 06:29 WIB
Bupati Ende Djafar Achmad
Bupati Ende Djafar Achmad /Alex RS/
WARTA SASANDO - Peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional akan dilaksanakan di Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 1 Juni 2022.
 
Dalam upacara tersebut akan hadir setidaknya 18 pejabat negara, selain Presiden RI Joko Widodo yang rencananya akan menjadi pemimpin upacara.
 
"Yang terkonfirmasi, setidaknya 18 pejabat negara hadir dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Kita belum tahu perkembangan untuk beberapa hari ke depan," sebut Bupati Ende Djafar Achmad saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 9 Mei 2022.
 
 
Djafar Achmad juga menyebutkan, selain Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, Wakil Presiden Ma'aruf Amin bersama Ibu Wury Estu Handayani, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mattalitti, juga direncanakan hadir. 
 
Selain itu Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.
 
 
"Kehadiran Ibu Megawati kita masih menunggu kepastian, namun akomodasi untuk beliau telah disiapkan, apalagi beliau harus menggunakan kursi roda," ujar Djafar Achmad.
 
Dia menyebutkan, peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional kali ini hanya berpindah tempat dari Istana negara ke Ende.
 
Namun yang jadi target Pemda Ende saat ini yakni wisata sejarah serta pengakuan terhadap Ende sebagai tempat dan rahimnya Pancasila.
 
 
"Terlepas Presiden Jokowi hadir atau tidak, yang kita kejar adalah wisata sejarah bahwa di Ende, Pancasila dikandung dan dilahirkan. Kita ingin pengakuan bahwa Ende adalah tempat lahirnya Pancasila dan itu harus dituangkan dalam Keputusan Presiden," tandasnya.
 
Bupati Djafar Achmad mengaku komunikasi dengan pihak Sekretariat Negara dan BPIP sudah dilakukan. Dia optimis Presiden Jokowi akan hadir akan memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. 
 
"Sudah 99 persen beliau akan hadir, tinggal 1 persen milik Allah SWT. Kita tunggu saja, harapan kita beliau bisa datang," ungkap Djafar Achmad penuh optimis.
 
 
Seperti yang dipantau wartasasando.com, segala persiapan dan pembenahan terus dilakukan Pemda Ende menyosong peringatan Hari Lahir Pancasila, baik di Lapangan Pancasila, Taman Renungan Bung Karno, dan di rumah pengasingan.
 
Persipan mendirikan ICU Mini di seputaran Lapangan Pancasila sesuai standar Kepresidenan untuk antisipasi gangguan kesehatan, juga sementara dilakukan.
 
"Kita sudah maksimal melakukan persiapan menyambut Presiden Jokowi," pungkasnya.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

x