Kementrian Sosial ,Salurkan Bantuan Untuk Mengisi Lumbung Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana di Ende

- 7 Januari 2022, 14:23 WIB
Sekda Ende Agustinus G Ngasu Terima Bantuan Dari Kemsos RI Untul Lumbung Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana i
Sekda Ende Agustinus G Ngasu Terima Bantuan Dari Kemsos RI Untul Lumbung Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana i /Alex Raja S/
 
 
Warta Sasando- Mengingat Nusa Tenggara Timur umumnya dan Kabupaten Ende pada khususnya masuk dalam zona kebencanaan karena masuk dalam ring of fire maka perlu dilakukan persiapan dan antisipasi.
 
Salah satunya adalah lumbung Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana yang ada di kecamatan dan desa.Disinilah semua logistik dipersiapkan dalam rangka kesiapsiagaan bencana .
 
Untuk hal tersebut diatas, Kementrian Sosial RI ,Jumad 7 Januari 2022 telah  menyalurkan bantuan untuk pengisian Lumbung Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana di kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur.
 
 
Penyaluran bantuan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah kabupaten Ende Agustinus Gaja Ngasu mewakili Pemerintah kabupaten Ende bertempat di halaman Kantor Bupati Ende.
 
Bantuan dari Kementrian Sosial nantinya akan disimpan di Lumbung Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana di tiga kecamatan masing-masing di kecamatan Ndona, kecamatan Ndori dan Kecamatan Wolojita.
 
Atas nama Pemerintah kabupaten Ende,Sekretaris Daerah kabupaten Ende Agustinus Gaja Ngasu  menyampaikan terimakasih atas bantuan dari Kementrian Sosial RI.Dia menyebutkan, bantuan tersebut amat berarti dalam mengantisipasi kejadian
bencana .
 
 
" Meski kita berharap tidak ada kejadian yang luar biasa.Terima kasih karena sudah mengisi lumbung Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana " ujar Gusti Ngasu.
 
Dia berharap, bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi warga masyarakat yang jika sesewaktu terkena bencana.
 
Selain tiga kecamatan yang menerima bantuan tersebut,Gusti Ngasu  berharap, kecamatan lainnya juga bisa mendapatkan bantuan yang sama.
 
 
Kepada Dinas Sosial dirinya mengingatkan dikesempatan tersebut, untuk terus memperhatikan makanan yang sudah kedaluwarsa atau expired.
 
Jika ditemukan ada makanan yang akan kedaluwarsa untuk segera lakukan pendistribusian dan sesegera mungkin membagikan kepada yang membutuhkan.
 
" Pemerintah sepakat dengan permintaan dan awasan dari Kementrian dalam kaitan dengan makanan yang expired.Dinsos segera lakukan distribusi,jangan tunggu ada bencana kalau memang makanan tersebut sudah akan kedaluwarsa" ujar dia.Untuk  itu  tambah dia, perlu ada catatan administrasi jelas sehingga bisa dipertanggungjawabkan kelak.
 
 
Sementara itu, Tota Ole Mia pejabat Direktorat Perlindungan Sosial Bencana Alam Kementrian Sosial mengatakan, Indonesia termasuk Nusa Tenggara Timur masuk dalam cincin api.Karena itu bencana baik itu gempa bumi ,letusan gunung berapi dan tsunami sering terjadi.
 
" Kerawanan bencana sering terjadi khususnya bagi warga yang berada di wilayah Utara.Karena itu, demi menjaga Kesiapsiagaan bancana , maka pihak Kementerian mengisi Lumbung  untuk Kesiapsiagaan lumbung terhadap bencana berupa bantuan logistik"kata dia..
 
Adanya lumbung Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana , jika terjadi bencana maka sudah ada persediaan logistik apalagi jika bencana jauh dari ibukota kecamatan atau kabupaten atau provinsi.
 
 
Dikatakan, selanjutnya terhadap beberapa bantuan yang ada, perlu dilakukan pelatihan untuk bisa mengoperasikan.Untuk itu SDM dari Tagana maupun dari Kecamatan akan dilatih.
 
" Ada sistem bongkar pasang dan digunakan bukan hanya pada satu titik tapi bisa mobile ke tempat atau titik bencana lain" sebutnya. Karena itu SDM mesti disiapkan sambil 
berharap agar bisa digunakan  secara baik.
 
Berdasarkan zoom meeting beberapa bulan lalu sebut dia, setiap kabupaten hanya mendapatkan bantuan untuk satu lumbung.Namun atas upaya dan koordinasi maka Ende mendapatkan bantuan untuk mengisi tiga lumbung.
 
 
" Ini yang pertama di NTT yang mendapat bantuan untuk tiga lumbung.Mudah-mudahan kedepannya kecamatan lain bisa juga mendapat batuan yang sama ,meski kita berharap bencana tidak terjadi" ujar Tota.
 
Sementara Kepala Dinas Sosial kabupaten Ende Oktavianus Rua Putra mengatakan bantuan yang diberikan untuk mengisi lumbung Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana diantaranya, Genset 250 WIP sebanyak tiga unit, BBM Pertalite 300 liter,Kabel Roll untuk genset 25 meter.
 
 
 
Selain itu, tandon air  1.100 liter ( 3 buah), intalasi penjernih air ( satu paket) yang terdiri dari dinamo,pompa air,pipa,lem pipa,soket dan lain-lain.Juga obat-obatan P3K, biskuit, air mineral,minuman anak, makanan siap saji,tenda gulung / terpal,family kids dan peralatan dapur.
 
Adapun lumbung Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana terdapat dikecamatan Ndori di desa Maubasa , Kacamatan Wolojita di Kelurahan Wolojita dan di desa Wolotopo Timur di kecamatan Ndona.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x