Gus Muhaimin: Jokowi Kelihatan Kurus, Tapi Jago Atasi Dinamika Politik Nasional

- 6 Desember 2021, 07:14 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar dalam Dialog Kebangsaan bertajuk “Peran Agama dan Legislatif dalam Membangun Karakter dan Kesejahteraan Bangsa
Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar dalam Dialog Kebangsaan bertajuk “Peran Agama dan Legislatif dalam Membangun Karakter dan Kesejahteraan Bangsa /Dok. PKB/

WARTA SASANDO – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dinilai cukup berhasil mengelola potensi politik menjadi sangat efektif. Kemampuan mengelola potensi politik ini merupakan salah satu kelebihan Jokowi.

”Pak Jokowi ini kelihatan kurus, kalem, tapi jagoan dalam mengatasi politik nasional sehingga ini ada pengaruhnya terhadap wawasan kebangsaan kita. Dinamika yang terjadi di dalam pengambilan keputusan relatif lebih efektif, lebih cepat, lebih memiliki keleluasaan yang tinggi, terutama dalam mengambil langkah-langkah emergency,” ujar Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar dalam Dialog Kebangsaan bertajuk "Peran Agama dan Legislatif dalam Membangun Karakter dan Kesejahteraan Bangsa" di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu 5 Desember 2021.

Baca Juga: Iban Medah Disebut Ambil Alih dan Jual Aset Pemkab Kupang, Kerugian Negara Rp9,6 Miliar

Dikatakan Gus Muhaimin, sejak era reformasi, peran legislatif di Indonesia jauh lebih dominan. Pelan tapi pasti, saat ini kondisinya menjadi lebih seimbang. Kondisi ini dinilai cukup baik karena antara kontrol dari legislatif dan implementasi kinerja pemerintah menjadi cepat dan berimbang.

”Di situlah peta koalisi pemerintahan hari ini cukup solid, kuat, dan efektif,” ujarnya.

Sakinh efektifnya koalisi pemerintah saat ini, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebutkan, apapun program yang diinginkan Jokowi, tentu mendapatkan dukungan dari DPR. Misalnya, dalam menangani pandemi Covid-19, segala kebijakan yang diambil pemerintah didukung penuh oleh DPR.

Baca Juga: Diserang KKB, Prajurit TNI Kembali Gugur di Yahukimo Papua

Salah satunya ketika pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.

”DPR mendukung penuh kebijakan yang diambil pemerintah ini,” katanya.

Halaman:

Editor: Tommy Aquino


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x