Diserang KKB, Prajurit TNI Kembali Gugur di Yahukimo Papua

- 4 Desember 2021, 11:48 WIB
Suasana di salah satu Kabupaten di Papua yang dijaga aparat.
Suasana di salah satu Kabupaten di Papua yang dijaga aparat. /Antara TV/
WARTA SASANDO - Situasi di Papua kembali memanas. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah, khususnya di Kabupaten Yahukimo.
 
Sebuah pos Koramil TNI AD Suru-Suru di Yahukimo, Jumad 3 Desember 2021 diserang oleh KKB.
 
Kejadian berlangsung ketika anggota TNI sedang mengambil air di bak penampungan pos Koramil Persiapan Distrik Suru- Suru, Kodim 1715/Yahukimo jajaran Korem 172/ PWJ.
 
 
Penyerangan yang dilakukan KKB menyebabkan satu anggota TNI gugur dan satu anggota lainnya terluka.
 
Kejadian ini telah dikonfirmasi pada Panglima Kodam XVII- Cendrawasih, Mayor Jenderal TNI Ignatius Triyono pada Jumat, 3 Desember 2021 petang di Jayapura.
 
Seperti yang dikutip wartasasando.com dari Pikiran-Rakyat.com, Sabtu 4 Desember 2021, insiden penembakan terjadi sekitar pukul 13.45 WIT.
 
 
Disebutkan, penyerangan dilakukan oleh KKB saat kedua prajurit yang berasal dari Kodam Iskandar Muda Banda Aceh sedang mengambil air yang jaraknya sekitar 15 meter.
 
Saat mengambil air itulah terjadi penembakan dari perbukitan di belakang pos, dan menyebabkan satu prajurit gugur.
 
Diketahui, Sersan Dua (Serda) Rahaldi gugur setelah tertembak di bagian dada, sementara Prajurit Kepala (Praka) Suheri terkena tembakan di bagian pantat.
 
 
"Mereka ditembak saat mengambil air yang jaraknya antara tempat penampungan air dengan pos dekat" kata Ignatius Triyono, dikutip dari Antara, Sabtu 4 Desember 2021.
 
Anggota TNI, kata Panglima Kodam Cendrawasih, sempat mengejar KKB, namun mereka dengan cepat menghilang ke dalam hutan.
 
"Sebetulnya jumlah personel sudah cukup banyak setelah dilakukan penambahan dari pasukan tempur, hingga seluruhnya berjumlah 65 personel," tutur Ignatius Triyono.
 
 
Jumlah prajurit yang terluka sejak 20 November 2021 kini berjumlah lima orang, sementara dua orang gugur di Suru-Suru yakni Sertu Ati Baskoro dan Serda Rahaldi.***

Editor: Alex Raja S

Sumber: Pikiran Rakyat ANTARA


Tags

Terkini

x