Hari ini Mentri Sandiaga Uno Kunjung Desa Detusoko Barat Kabupaten Ende, Ini Yang Dilakukan Disana

- 1 Desember 2021, 05:30 WIB
Gapura Dusun Woloone Desa Detusoko Barat,Siap Terima Mentri Sandiaga Uno
Gapura Dusun Woloone Desa Detusoko Barat,Siap Terima Mentri Sandiaga Uno /Alex Raja S/Warta Sasando/

 

Warta Sasando- Sesuai jadwal hari ini, Rabu 1 Desember 2021 Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengunjungi Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur tepatnya di Desa Detusoko Barat.
 
Kunjungan kali ini ,dalam rangka peninjauan dan penilaian 50 desa wisata Indonesia Bangkit, Anugerah Desa Wisata Indonesia ( ADW) tahun 2021.
 
Desa Detusoko Barat merupakan salah satu desa di Nusa Tenggara Timur yang masuk nominasi 50 besar Desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata tersebut .
 
 
Anugerah Desa Wisata yang diberikan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,dalam rangka mendorong dan mengembangkan desa- desa wisata di Indonesia untuk menjadi destinasi pariwisata yang berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan.
 
Karena itu melalui tema " Indonesia Bangkit" diharapkan desa - desa wisata di Indonesia terus mengembangkan potensi yang ada.
 
Berdasarkan rundown yang diterima Warta Sasando, sejak tanggal 30 April 2021 sampai 7 Desember 2021 dilaksanakan kurasi dan penilaian  oleh tim Kurator dan tim Dewan Juri terhadap total 1.831 desa wisata ( ADW) yang terdaftar.
 
 
Dan hasilnya telah diumumkan 50 Desa Wisata pada 8 Agustus 2021 dan desa Detusoko Barat masuk dalam 50 desa Anugerah Desa wisata tersebut.
 
Untuk itu ,hari ini ,Rabu 1 Desember 2021 Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama Tim Dewan Juri melakukan kunjungan dan penilaian lapangan di Desa Detusoko Barat yang merupakan desa yang ke -49.
 
Pantauan di desa Detusoko Barat dalam satu pekan terakhir, telah dilakukan persiapan dalam rangka menyambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama Tim Dewan Juri.
 
 
Persiapan penjemputan dan penerimaan, juga atraksi budaya serta yang berkaitan dengan penilaian Anugerah Desa Wisata telah dilakukan. 
 
Seperti yang tertera dalam rundown acara, Mas Menteri demikian Sandiaga Uno biasa disapa akan tiba di Bandara Haji Hasan Aroebusman Ende pukul 15.00 WITA langsung bergerak menuju desa Detusoko Barat menggunakan mobil RI 46.
 
Di Detusoko Barat , menggunakan ikat kepala, opening bahwa ini adalah desa ke 49, sebuah desa penyangga danau kelimutu yang terletak di Kabupaten Ende, 
NTT. 
 
 
Kemudian nantinya akan dilakukan tarian penyambutan Mas Menteri  dan diarak warga desa menuju mobil pick up yang sudah dihias untuk menuju titik selanjutnya yaitu Kampung Adat
 
Sandiaga Uno kemudian disambut oleh musik dan tarian Huhua oleh anak-anak SD, SMP, dan SMA Destusoko,kKemudian oleh jajaran Pejabat Daerah, Forkopimda, dan tamu VIP CHSE setelah itu mencuci tangan dan Scan peduli lindungi.
 
Selain itui juga ianantinya  disambut oleh ibu-ibu yang sedang menjemur kemiri, mencoba memecahkan kemiri menggunakan alat tradisional.
 
 
Di sebelah kanan dan kiri sebelum area presentasi, akan melihat anak-anak Detusoko yang bermain permainan tradisional menggunakan kemiri dan  Menteri akan mencoba ikut bermain 
lempar kemiri. 
 
Kemudian menuju Rumat Adat dan diterima secara simbolik oleh tua adat persekutuan tanah wilayah Detusoko diiringi tarian tradisional memasuki rumah adat dan pengangkatan Mas 
Menteri sebagai anak adat Detusoko. 
 
Di area depan Rumah Adat Mas Menteri akan mendengarkan paparan dari Kepala Desa Ferdinandus Watu setelahnya menuju Stand Kuliner dan berbincang dengan mama-mama Detusoko tentang makanan khas,Stand Kriya dan Fesyen .
 
 
Menteri setelah itu akan  melihat produk-produk kreatif dari para pemuda desa dan juga kabupaten Ende, salah satunya Gelang Kopi, Lampu hias , buket bunga hias, dan yang lainnya.
 
Kegiatan berikutnya,melihat  para petani yang sedang menggiling padi menjadi 
beras, melihat anak-anak yang sedang asik mandi di kolam air hangat dan akhirnya menandatangani prasasti, memberikat sertifikat, plakat, dan simbolis goodie bag. ***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x