Gubernur VBL: Tenun Ikat NTT Sebanding dengan Karya Leonardo Da Vinci dan Michaelangelo

- 13 Agustus 2022, 09:29 WIB
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL)
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) /Dok. A. Pim NTT/

WARTA SASANDO - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menegaskan tenun ikat NTT merupakan karya intelektual yang tidak kalah hebatnya dengan karya Leonardo Da Vinci atau karya Michaelangelo. 

Pasalnya, motif hasil karya tenun NTT tidak dapat dilihat secara kasat mata karena bersifat abstrak. Setiap motif tenun itu dihasilkan dari pemikiran sang penenun.

Keberhasilan para penenun menghasilkan motif dalam tenunan ini mencirikan para penenun asal NTT memilki kemampuan intelektual yang sangat tinggi. 

Baca Juga: Langkah Tepat Dekranasda NTT Selamatkan 737 Motif Tenun NTT

"Tenunan NTT dikerjakan oleh ibu-ibu yang berintelektual tinggi di seluruh NTT. Mereka hasilkan tenun ini sudah sejak ribuan tahun lalu. Ini karya artistik yang luar biasa," kata Gubernur VBL saat membuka Exotic Tenun Fest 2022 dan Launching Gerakan Cinta Produk NTT yang digelar oleh Bank Indonesia di Lippo Mall Kupang, yang Jumat 12 Agustus 2022.

Gubernur VBL juga membandingkan proses pembuatan kain tenun dan pakaian seperti baju. Dalam proses pembuatan baju, terlebih dahulu dibuatkan model selanjutnya di potong sesuai pola gambar. Sedangkan kain tenun itu sangat berbeda. 

"Produk kain tenun ini tidak dibuat dari pola-pola yang sudah konkret yang kita bisa liat dan tiru. Tapi itu semua polanya lahir dari imajinasi pembuatnya. Itu ciri orang pintar," jelas Gubernur VBL. 

Baca Juga: Gegara Covid, Soewardi Aquila Raih Omzet Ratusan Juta Setiap Bulan

"Jadi ini bukan hasil karya kerajinan tangan, tapi karya intelektual dari perempuan-perempuan Timor, Sumba, Flores, Alor, Sabu, Rote Ndao, Adonara, Lembata dan lain-lain," tambah mantan Ketua Fraksi NasDem. 

Halaman:

Editor: Petrus Damianus Padeng


Tags

Terkini

x