KRI Teluk Banten 516 Tiba Di Ende Disambut Bupati Djafar Achmad Dan Forkompinda

- 26 Mei 2022, 16:43 WIB
Bupati Ende Djafar Achmad saat Melihat Langsung KRI Teluk Banten 516
Bupati Ende Djafar Achmad saat Melihat Langsung KRI Teluk Banten 516 /Alex RS/

 

Warta Sasando- KRI Teluk Banten 516 , Kamis 26 Mei 2022 tiba di Pelabuhan Bung Karno  Ende Nusa Tenggara Timur sekitar pukul 14.00 wita.Kedatangan KRI Teluk Banteng dalam rangka pengamanan RI 1 yang akan menghadiri upacara Hari Lahir Pancaaila 1 Juni 2022 di Lapangan Pancasila.
 
Salain itu juga,kehadiran KRI Teluk Banten 516 dalam rangka mengikuti Parade Laut yang akan digelar pada tanggal 28 Mei 2022.Parade laut yang diselenggarakan untuk mengenang Bung Karno saat dibuang dan diasingkan di Ende.
 
Hadir Dalam Penyambutan KRI Teluk Banten 516 Bupati Ende  H. Djafar H. Achmad,Dandim 1602/Ende Letkol Inf. Nelson Paido Makmur,Kapolres Ende AKBP Andre Librian, Asisten I Setda Kab. Ende H. Dahlan.
 
 
Selain itu turut hadir, Danlanal Maumere Kolonel Laut Dwi P. Yoga Kaban Kesbangpolda Ende Gabriel Dala, Kadis Sosial Oktavianus Rua Putra,Kadis Perindag Ende Muhammad Syahrir, General Manager Pelindo Ende Kunto Wibisono.
 
Bupati Ende ditemui di pelabuhan Bung Karno Ende menjelaskan, KRI Teluk Banten 516 yang tiba dari Kupang ini membawa sejumlah pasukan baik dari TNI Angkatan Laut juga membawa pasukan dari TNI Angkatan Udara.
 
Dia menyebutkan, KRI Teluk Banteng 516 ini selain melakukan pengamanan kedatangan RI 1, juga turut berpartisipasi dalam Parade Laut ,Sabtu 28 Mei 2022.Meski demikian, kata Djafar Achmad,KRI Teluk Banten 516 tidak terlibat langsung namun akan mengirim kapal kecilnya ( Skoci) untuk mengikuti parade laut tersebut.
 
 
" KRI Teluk Banten 516 akan tetap stay di dermaga, namun akan mengirim skoci  atau kapal kecil untuk mengikuti parade laut" ujarnya.
 
Lanjut Djafar Achmad, setidaknya 1500 perahu motor dari pulau Ende yang akan meriahkan parade laut tersebut menuju pelabuhan Bung Karno.
 
" Nantinya plakat burung Garuda ,dan rombongan dari Pulau Ende termasuk yang melakoni Bung Karno dan Ibu Inggit akan diterima di KRI Teluk Banten 516 dan dilakukan upacara penyambutan di atas kapal.Dari Pulau Ende rombongan akan dipimpin oleh wakil Bupati Erikos Emanuel Rede" ujarnya.
 
 
Setelah dilakukan upacara diatas kapal, plakat burung garuda akan diarak dan melakukan parade darat bersama pemeran Bung Karno dan ibu Inggit menyinggahi situs yang ada.
 
Warga masyarakat tambah Djafar, saat upacara peyambutan boleh berada di area dermaga setelah itu bergerak bersama melakukan parade darat.
 
Untuk diketahui, para pejabat Yang Ikut Dalam Onboard KRI Teluk Banten 516 yakni
Danlantamal VII Kupang Laksma TNI H. Yudoyono Wibsono, Asintel Danlantamal VII Kupang Kolonel Laut (S) Budi Djoko Saputro, Asops Danlantamal VII Kupang Letkol Laut (P) Andik Sanjaya.
 
 
Selain itu, Danyonmarharlan VII Mayor Marinir Wira Dharma S. L. G.,SH.M.Tr.Opsla,
Ka. Akun Lantamal VII Letkol Laut (S) Abubakar Adisaputro, Kadiskes Lantamal VII Letkol Laut (K) M. Haris A. MF.
 
Sementara itu,jumlah Personil yang Onboard KRI Teluk Banten 516 sebanyak 125 Orang dengan rincian personil Lantamal VII Kupang dan Yonmarhalan VII Kupang sebanyak 94 orang dan  Personil Lanud Eltari Kupang berjumlah 31 orang.
 
Saat kedatangan KRI Teluk Banten 516  disambut oleh Bupati Ende Djafar Achmad dengan melakukan pengalungan salendang kepada Danlantamal VII Kupang dan Kapten KRI Teluk Banten 516.Selain itu juga dilakukan pertemuan singkat di atas KRI Teluk Banten 516 terkait aktivitas KRI 516 selama berada di Ende.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

x