Kunjungan ke Detusoko Barat, Sandiaga Uno diajak Titi Kemiri dan Bermain Permainan Tradisional

- 2 Desember 2021, 07:32 WIB
Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sedang memecahkan Kemiri
Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sedang memecahkan Kemiri /Alex Raja S/Warta Sasando/
 
 
WartaSasando-Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Sandiaga Uno ,Rabu (1/12) mengunjungi Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur,  tepatnya di Desa Detusoko Barat.
 
Kunjungan tersebut ,dalam rangka peninjauan dan penilaian secara langsung desa wisata Indonesia Bangkit," Anugerah Desa Wisata Indonesia" ( ADW) tahun 2021.
 
Hadir juga Wakil Menteri Kementrian Desa Budie Arie Setiadi yang juga merangkapTim Juri Anugerah Desa Wisata.
 
 
Ratusan warga Desa Detusoko Barat, menyambut , kedatangan rombongan dengan penuh antusias.
 
Desa Detusoko Barat  merupakan salah satu desa yang masuk 50 nominasi Anugerah Desa Wisata. 
 
Menggunakan mobil RI 46,dijemput dengan tarian penyambutan lalu diarak warga desa menuju mobil pick up yang sudah dihias untuk menuju titik selanjutnya yaitu Kampung Adat.
 
 
Sandiaga Uno kemudian disambut oleh musik dan tarian Huhua oleh anak-anak SD, SMP, dan SMA Destusoko,Kemudian oleh jajaran Pejabat Daerah, Forkopimda, dan tamu VIP CHSE setelah itu mencuci tangan dan Scan peduli lindungi.
 
Menariknya ,Mas Menteri Sandiaga Uno demikian ia biasa disapa,saat bertemu para ibu yang sedang menjemur kemiri, dan memecahkan kemiri atau bahasa setempat 'Titi Kemiri ' secara tradisional .
 
Menggunakan pelepah pinang yang diikat sedemikian, menyisakan lubang seukuran biji kemiri. Lubang tersebut nantinya ditaruh biji kemiri. Sandiaga Uno mencoba memecahkan kemiri menggunakan alat tradisionall tersebut.Dan sekali ayun berhasil memecahkan kemiri secara utuh.
 
 
Aksi Sandiaga Uno mendapatkan tepuk tangan riuh dari warga masyarakat.Hal ini beralasan karena sekali ayun buah kemiri tidak hancur namun utuh hasilnya.
 
Setelah melakukan kegiatan tersebut, Sandiaga Uno juga mengikuti permainan tradisional masyarakat setempat yakni melempar Gana Feo.( Kemiri / Feo yang diletakkan diatas bilah bambu).
 
Sekali lempar oleh Mas Sandiaga Uno,bilah bambu langsung jatuh .Dan diikuti juga oleh Wakil Mentri Kementrian Desa Budie Arie Setiadi dan juga Bupati Ende Djafar Achmad namun keduanya harus kembali ulang karena tidak memenuhi sasaran.
 
 
Tepuk tangan dan sorak- sorai warga kembalj menggema menyaksikan permainan rakyat tersebut.
 
Sandiaga Uno bersama Wamen  Budie Arie Setiadi selanjutnya menuju Rumat adat dan diterima secara simbolik oleh tua adat persekutuan tanah wilayah Detusoko. Diiringi tarian tradisional ,Sandiaga Uno dan Budie Arie Setiadi dikenakan pakaian kebesaran masyarakat setempat dan kemudian diangkat sebagai anak adat Detusoko. 
 
Di area depan Rumah Adat  Mentri Sadiaga Uno mendengarkan paparan dari Kepala Desa Detusoko Barat Ferdinandus Watu soal potensi desa Detusoko Barat dan  setelahnya menuju Stand Kuliner dan berbincang dengan mama-mama ,melihat produk-produk kreatif.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x