Masalah Ketenagakerjaan Kerap Menimpa Jurnalis, AJI Dorong Pembentukan Serikat Pekerja Media di NTT

- 17 September 2021, 21:53 WIB
Sejumlah wartawan saat mengikuti kegiatan pelatihan penguatan kapasitas pemimpin muda serikat media di Ballroom GreeNia Hotel, Jumat 17 September 2021.
Sejumlah wartawan saat mengikuti kegiatan pelatihan penguatan kapasitas pemimpin muda serikat media di Ballroom GreeNia Hotel, Jumat 17 September 2021. /Panitia - AJI Kupang

WARTA SASANDO - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menyelenggarakan kegiatan pelatihan penguatan kapasitas pemimpin muda serikat media di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan yang didukung International Federation of Journalists (IFJ) atau Federasi Jurnalis Internasional ini dilaksanakan secara hybrid (online dan offline) di tiga kota. Salah satunya Kupang.

AJI Kupang sebagai penyelenggara lokal menggelar pelatihan ini di Ballroom GreeNia Hotel, Jumat 17 September 2021.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama dua hari, 17-18 September 2021 tersebut menghadirkan 10 orang peserta yang merupakan perwakilan organisasi jurnalis di Kupang, seperti PWI, IJTI, IWO termasuk AJI.

Kegiatan bertajuk "Pemimpin Muda Serikat Media" ini menghadirkan dua narasumber tampil secara virtual untuk memaparkan materi di hari pertama.

Edi Faisol sebagai pemateri pertama, tampil mempresentasikan tentang analisa sosial struktur kelas masyarakat dan pekerja.

Materi mengenai teori sosial, analisa sosial, analisa kelas, ketajaman sosial, dan paradigma sosial, satu per satu dijelaskan secara detail.

Edi Faisol yang juga Ketua Divisi Ketenagakerjaan AJI Pusat itu juga beberapa kali memberikan pertanyaan kepada peserta.

Semua peserta tampak antusias memberikan jawaban dan pendapat yang kebanyakan merupakan pengalaman pribadi dan juga realita dalam interaksi kehidupan sosial di masyarakat.

Halaman:

Editor: Tommy Aquino

Sumber: AJI


Tags

Terkini

x