Tolak Pembangunan Bendungan Kolhua, Warga Ungkit Pernyataan Viktor Laiskodat Sebelum Jadi Gubernur

- 12 April 2022, 13:25 WIB
Anak-anak Kolhua saat melintas di kebun dan sawah milik orangtua mereka. Lokasi ini rencananya akan dibangun bendungan Kolhua oleh pemerintah.
Anak-anak Kolhua saat melintas di kebun dan sawah milik orangtua mereka. Lokasi ini rencananya akan dibangun bendungan Kolhua oleh pemerintah. /Warta Sasando/

WARTA SASANDO - Rencana pembangunan bendungan Kolhua di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali menuai protes dari warga setempat.

Warga bahkan kecewa dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat. Sebab Viktor Laiskodat disebut pernah mendukung warga menolak pembangunan bendungan Kolhua, saat ia belum menjadi gubernur.

"Pak Viktor sendiri pernah menolak pembangunan bendungan Kolhua. Siapa pun gubernur, dia akan lawan," kenang Yunus Lisnahan atas dukungan yang pernah diberikan Viktor Laiskodat.

Baca Juga: Protes Hasil Seleksi PTT, Armet Usung Peti Mati ke Kantor Bupati TTU

Menurut Yunus, berkat dukungan Viktor Laiskodat sekitar tahun 2013 lalu, beberapa tokoh masyarakat akhirnya berangkat ke Jakarta untuk bertemu Komisi V DPR RI dan Komnas HAM.

Penolakan pembanganan Bendungan Kolhua, kata Yunus, bukan baru sekarang. Tetapi sudah sejak lama warga menolaknya.

"Dari dulu kala kami tolak. Pemerintah ini ada apa, tiap tahun datang terus," ujar warga RT 23 RW 07 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang yang diwawancara pada Senin 11 April 2022.

Baca Juga: Diduga Anggota DPR Komisi IX Tonton Video Porno Saat Rapat Soal Vaksinasi

Yunus menjelaskan, di lahan yang hendak dibangun bendungan, ada sawah dan kebun warga. Dan sudah sejak lama warga setempat menggantungkan hidupnya pada hasil-hasil pertanian.

Halaman:

Editor: Tommy Aquino


Tags

Terkini

x