Hasil Sidang Isbat, Awal Puasa Ramadhan Jatuh pada 3 April 2022

- 1 April 2022, 20:41 WIB
Ilustrasi. Kemenag sudah merilis hasil sidang isbat, 1 Ramadhan 1433 Hijriah jatuh pada 3 April 2022/
Ilustrasi. Kemenag sudah merilis hasil sidang isbat, 1 Ramadhan 1433 Hijriah jatuh pada 3 April 2022/ /Antara/Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

WARTA SASANDO - Kementerian Agama (Kemenag) RI telah memutuskan awal puasa, 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022.

Penetapan ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kemenag bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada hari ini, Jumat 1 April 2022.

Sidang isbat penentuan awal puasa dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara hybrid dan disiarkan langsung di media sosial Kemenag dan TV nasional.

Baca Juga: Konferda IV WKRI Keuskupan Agung Ende, Ini Pesan Mgr Vinsensius Sensi Potokota

"Kami menetapkan awal Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 3 April 2022," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam siaran langsung di YouTube Kemenag, sebagaimana dilansir wartasasando.com dari Pikiran-Rakyat.com.

Penentuan awal puasa diumumkan Kemenag pada pukul 19.15 WIB, usai menjalankan sholat Isya di Auditorium MH. Rasjidi Kemenag, Jakarta.

Pada kesempatan itu, Menag Yaqut Cholil Qoumas juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim di Indonesia.

Baca Juga: Puisi-puisi Karya Ririntiani Jelita: Langit Biru dan Mulutmu Bagaikan Tertusuk Duri

Penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah ini berdasarkan perhitungan hisab dan pemantauan hilal.

Pemantauan hilal dilakukan di 101 titik pos pengamatan di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Hampir di seluruh titik pengamatan menyampaikan belum melihat hilal hari ini.

Halaman:

Editor: Tommy Aquino

Sumber: Pikiran Rakyat YouTube Kemenag RI


Tags

Terkini

x