Disdukcapil Ende Luncurkan Inovasi Lapak Three In One Dan Manda Three In One

- 9 Maret 2022, 20:32 WIB
Bayi Lahir Siap diberi Adminduk
Bayi Lahir Siap diberi Adminduk /dok Eby Sigasarre/

 

Warta Sasando- Menindak lajuti Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman tentang Inovasi LAPAK Three in One dan MANDA Three in One yang telah disepakati dan ditandatangan pada akhir tahun 2021 antara Disdukcapil Kabupaten Ende dengan  9 Faskes, maka Selasa 8 maret 2022, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten  Ende telah melakukan rapat dan sosialisasi teknis berkaitan dengan Inovasi LAPAK Three in One dan MANDA Three in One dengan 4 rumah sakit dan 5 puskesmas yang ada di Wilayah Kabupaten Ende.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende Provinsi  Nusa Tenggara Timur Lambertus Sigasare. Saat ditemui usai kegiatan rapat dan sosialisasi dengan perwakilan Rumah Sakit dan Puskesmas dimaksud.

Disebutkan Eby Sigasare demikian ia biasa disapa, rapat dan sosialisasi teknis percepatan pemenuhan hak sipil anak dan percepatan dokumen akte kematian ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman tentang Inovasi LAPAK Three in One dan MANDA Three in One yang telah disepakati dan ditandatangan pada akhir tahun 2021 tersebut bersama 9 Fasilitas Kesehatan atau Faskes.

Baca Juga: Perempuan Itu Bernama “Veronika” -satu permenungan-

Ke sembilan fasilitas tersebut ungkap dia adalah Rumah Sakit Umum Daerah Ende, Rumah Sakit Pratama Welamosa, Rumah Sakit St. Antonius Jopu, Klinik Pratama Keluarga Kudus atau Rumah Sakit Misi Ende, Puskesmas Onekore,Puskesmas Kotaratu, Puskesmas Kota, Puskesmas Rukun lima dan Puskesmas Rewarangga.

Disebutkan Eby Sigasare, adapun tujuan dari Nota Kesepahaman yang sudah dibuat  adalah untuk  memperkuat   koordinasi  dan sinergitas  para pihak, dalam rangka Percepatan Kepemilikan Dokumen Administrasi Kependudukan Melalui Inovasi LAPAK THREE IN ONE : LAhir daPat Akta, (Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak) dan Inovasi MANDA THREE IN ONE : MAti Nanti Dapat Akta, (Akta Kematian, KK dan KTP dengan status perkawinan yang telah berganti).

Dirinnya berharap  dengan adanya inovasi LAPAK 3 IN 1  jika ada ibu yang akan melahirkan di rumahsakit atau puskesmas, bayi yang dilahirkan akan memperoleh 3 dokumen adminduk yakni Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak.Begitupun dengan Inovasi MANDA 3 IN 1 dimana jika ada masyarakat yang meninggal di RSUD atau Puskesmas akan memperoleh 3 (tiga) dokumen yakni Akta Kematian, KK dan KTP dengan status perkawinan yang telah berganti.

Baca Juga: Kiprah dan Harapan KPID NTT di Tengah Minimnya Alokasi Anggaran dari Pemprov

Halaman:

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

x