Selamatkan Bumi, Kodim 1602/Ende Kolaborasi dengan Dinas PUPR Tanam Pohon di Ende Timur

- 3 Desember 2021, 15:25 WIB
Kadis PUPR Fransiskus Lewang Tengah Melakukan Penanaman Pohon
Kadis PUPR Fransiskus Lewang Tengah Melakukan Penanaman Pohon /Alex Raja S/
  WARTA SASANDO -  Kodim 1602/Ende dan Koramil 1602-01/Ende bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Ende melakukan kegiatan penanam pohon keras. 
 
Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumad, 3 Desember 2021 di Dusun Arereke Kelurahan Rewarangga Kecamatan Ende Timur.
 
Tidak hanya dengan Dinas PUPR, Kodim 1602/Ende juga berkolaborasi dengan stakeholder terkait lainnya dalam melaksanakan kegiatan ini. Termasuk Menwa dari Universitas Flores.
 
 
Dandim 1602/Ende Letkol Inf. Nelson Paido Makmur melalui Koramil 1602-01/Ende, Kapten Inf. Riky Mesah mengatakan, kegiatan ini merupakan program Kodam IX Udayana bekerja sama dengan PUPR.
 
Riky Mesah menyebutkan, kegiatan  penanaman pohon keras dilakukan serentak di jajaran Kodam IX Udayana, termasuk Kodim 1602/Ende dan Dinas PUPR Kabupaten Ende.
 
"Kita melakukan kolaborasi dengan PUPR yang juga tengah merayakan Hari Bakti PU yang ke- 76," ujar dia.
 
 
Kapten Riky Mesah menyebutkan, kolaborasi Kodim 1602/Ende dengan Dinas PUPR menanam 1.000 anakan pohon. Jenis pohon keras yang ditanam yakni mahoni, trambesi, dan jati putih.
 
Riky menjelaskan, penanaman pohon keras tersebut bukan hanya terpusat di Kelurahan Rewarangga, namun juga di beberapa titik, seperti di Kecamatan Maurole, Wolowaru, Ende dan Maukaro.
 
"Untuk titik di sini yakni di Dusun Arereke Kelurahan Rewarangga, pohon yang ditanam sebanyak 250 anakan. Sisanya di beberapa titik lainnya dengan jumlah yang sama 250 pohon tiap titik," terang Riky Mesah.
 
 
Untuk Kecamatan Maurole, penanaman anakan pohon dilakukan di Detukeli. Kecamatan Maukaro di Jamokeasa, Kecamatan Ende di Nuabosi dan Kecamatan Wolowaru di Rindiwawo.
 
"Kita tanam pohon keras ini bukan saja terpusat di area kota, tapi juga di empat titik di luar kota" ujar Riky Mesah yang juga merangkap Pasi Intel Kodim 1602/Ende.
 
Selain di empat titik tersebut, penanaman pohon juga dilakukan di area dimana pompa  hydran dibangun oleh Kodim 1602/Ende.
 
 
Riky Mesah menyebutkan, program penanaman pohon tersebut bertujuan sebagai upaya untuk melakukan penangkapan air, menahan longsoran dan upaya mencegah terjadinya banjir.
 
"Harapan kita seperti itu. Dengan adanya penanaman pohon bisa menangkap air, mencegah banjir dan longsor," katanya.
 
Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ende Fransiskus Lewang mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kodam IX Udayana dan Dinas PUPR.
 
 
"Kita di Ende mengikuti apa yang menjadi program penanaman pohon keras dari Kodam IX Udayana dan PUPR di atasnya," kata Fransiskus Lewang.
 
Menurut Fransiskus, kolaborasi penanaman pohon, tujuan utamanya adalah untuk menyelamatkan bumi dan menjaga lingkungan.
 
"Harapan kita dengan aksi penanaman pohon keras, bisa menjaga lingkungan dan tujuan yang lebih besar demi menyelamatkan bumi," pungkasnya***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

x