Sejarah Hari Ayah 12 November, Ternyata Deklarasi Awal Juga Dilakukan di Maumere

- 11 November 2021, 20:06 WIB
Hari Ayah Nasional 12 November 2021
Hari Ayah Nasional 12 November 2021 /Mega Ramadhani Wiguna /Capture photo from tatiana-pexels

WARTA SASANDO - Ayah yang merupakan sosok kepala keluarga, memberi nafkah sekaligus sebagai pelindung untuk keluarga yang menjadi panutan untuk anak-anaknya.

Di Indonesia, Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Beda dengan Hari Ayah Sedunia yang biasanya diperingati pada 19 Juni.

Sama halnya dengan Hari Ibu, Hari Ayah Nasional setiap tahunnya bukan merupakan hari libur nasional.

Kendati demikian, momen ini bisa menjadi kesempatan spesial bagi anak-anak untuk mengungkapkan rasa dan kasih sayang kepada sang ayah, atau dari istri kepada sang suami.

Baca Juga: Konsumsi Ikan Laut Baik untuk Kesehatan, Bisa Cegah Asma pada Anak

Lalu bagaimana awal mula dirayakannya Hari Ayah Nasional?

Dirangkum wartasasando.com dari Pikiran-Rakyat.com dan mantrasukabumi.com, Kamis 11 November 2021, peringatan Hari Ayah Nasional lahir atas prakarsa paguyuban lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada 2004, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan mengadakan sayembara 'Menulis Surat Untuk Ibu'. Acara peringatan Hari Ibu ini pun disambut baik dan mendapat sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

Namun usai acara tersebut, panitia penyelenggara dibuat terkejut dengan pertanyaan para peserta. Peserta menanyakan kapan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah.

Halaman:

Editor: Tommy Aquino

Sumber: Pikiran Rakyat Mantra Sukabumi


Tags

Terkini

x