Kemiskinan Ekstrem di NTT, Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Gubernur dan Lima Bupati

- 18 Oktober 2021, 07:19 WIB
Wapres Ma’ruf Amin
Wapres Ma’ruf Amin /Foto: BPMI Setwapres/

WARTA SASANDO - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin meminta agar Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) beserta para bupati wilayah prioritas tahun 2021 di NTT, bekerja keras memastikan agar seluruh rumah tangga miskin ekstrem mendapatkan seluruh program. Baik program pengurangan beban pengeluaran maupun program pemberdayaan.

Gubernur dan para Bupati juga diminta untuk memperkuat perencanaan dan penganggaran program pengurangan kemiskinan ekstrem dalam APBD masing-masing, khususnya yang sesuai dengan karakteristik miskin ekstrem di wilayah masing-masing.

Permintaan orang nomor dua di Indonesia ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2021 di Provinsi NTT bertempat di Rujab Gubernur NTT, Minggu 17 Oktober 2021.

Baca Juga: Juara Piala Thomas 2021, Indonesia Raya Menggema di Ceres Arena

Rapat tersebut selain dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, juga dihadiri lima bupati yang daerahnya masuk dalam program prioritas pemerintah untuk pengurangan kemiskinan ekstrem tahun 2021.

Antara lain, Bupati Sumba Timur, Bupati Timor Tengah Selatan (TTS), Bupati Rote Ndao, Bupati Sumba Tengah, dan Bupati Manggarai Timur.

Jumlah penduduk miskin ekstrem yang tersebar di lima kabupaten tersebut mencapai 212.672 jiwa dengan total jumlah rumah tangga miskin ekstrem 89.410 RT.

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, dalam tahun 2021 ini tinggal yang tinggal 3 bulan lagi akan disiapkan bantuan berupa tambahan uang tunai khusus untuk rumah tangga miskin ekstrem di 5 kabupaten prioritas. Pemerintah akan menggunakan program yang ada yaitu Program Sembako dan BLT-Desa.

Baca Juga: Puan Maharani Minta Penegak Hukum Berantas Pinjol Ilegal Sampai ke Akar-akarnya

Halaman:

Editor: Tommy Aquino

Sumber: Antara


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x