19 CJH Asal Ende Berangkat Bersama Jemaah Asal Sidoarjo Kloter 25 Embarkasi Surabaya

- 18 Juni 2022, 13:46 WIB
Haji Muhamad Salam Daud, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama kabupaten Ende
Haji Muhamad Salam Daud, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama kabupaten Ende /Alex RS/
 
WARTA SASANDO - 19 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan diberangkatkan bersama CJH asal Sidoarjo, Jawa Timur, melalui embarkasi Surabaya Kloter 25. 
 
Informasi ini disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Haji Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ende, Haji Muhamad Salam Daud saat pelepasan CJH secara resmi oleh pemerintah, Selasa 14 Juni 2022 di rumah jabatan Bupati Ende
 
Salam Daud menyebutkan, yang menjadi pemimpin rombongan adalah Achmad Umar asal Ende. Sebanyak 450 CJH akan dia pimpin mulai dari pemberangkatan, selama berada di tanah suci hingga kepulangan ke tanah air. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Ende
 
 
"Beliau (Achmad Umar, red) adalah kepala KUA Kecamatan Ende Selatan yang berasal dari Pulau Ende. Dia nantinya akan dibantu oleh satu wakilnya serta seorang dokter dan seorang perawat," ujarnya. 
 
Dia menjelaskan, para CJH diberangkatkan dari Bandara Haji Hassan Aroebusman pada 18 Juni 2022 menuju Kupang. Di Kupang, CJH akan melakukan tes PCR seperti yang diminta oleh pihak Kerajaan Arab Saudi dimana 3x24 jam harus dilakukan tes PCR.
 
 
Pada 19 Juni 2022 CJH asal Ende akan diberangkatkan menuju Surabaya menggunakan Maskapai Lion Air pukul 10.25 Wita dan akan tiba pada pukul 11.30 Wita. Selanjutnya pada 21 Juni 2022 pukul 11.45 WIB CJH asal Ende dan Sidoardjo Kloter 25 diberangkatkan menuju Jedah. 
 
"Jemaah haji nanti pulang pada 2 Agustus 2022 dan sekitar pukul 02.00 WIB tiba di tanah air dan tiba di Ende pada 4 Agustus 2022 pukul 11.15 Wita," sebut Salam Daud. 
 
Ditambahkan, jumlah CJH asal Ende sebanyak 19 orang dan satu orang cadangan. Dari 19 orang CJH tersebut, 5 orang sudah mutasi, 2 orang di Jawa Barat dan 3 orang di Jawa Tengah. Kelima CJH ini berangkat melalui embarkasi berbeda dengan 14 CJH lainnya yang akan diberangkatkan dari Bandara Haji Hassan Aroebusman Ende
 
 
14 CJH yang diberangkatkan dari Bandara Haji Hassan Aroebusman Ende, 1 orang diantaranya melakukan pendaftaran di Kabupaten Ngada, namun berasal dari Ende.
 
"Semua kegiatan menyangkut persiapan, baik manasik maupun pemeriksaan kesehatan  dilakukan di Ende, dan saat pelepasan ini kami juga undang untuk turut bersama," ujar Salam Daud.
 
Untuk diketahui, Sabtu 8 Juni 2022 CJH asal Ende telah diberangkatkan dengan menggunakan Wings Air sekitar pukul 11.30 Wita menuju Bandara El Tari Kupang dan selanjutnya menuju Surabaya pada 19 Juni 2022.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x