Bupati Ende Djafar Achmad Pimpin Apel Hari Pahlawan Di Lapangan Marilonga Watunggere

- 11 November 2022, 11:31 WIB
Peserta upacara Hari Pahlawan ke 77 di Watunggere Marilonga
Peserta upacara Hari Pahlawan ke 77 di Watunggere Marilonga /Alex RS /
 
Warta Sasando- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ( Harpah)  10 November 2022 tingkat Kabupaten, Pemerintah Kabupaten Ende menggelar apel di Kecamatan Detukeli tepatnya di Watunggere.
 
Watunggere merupakan tempat asal  Pahlawan lokal masyarakat Kabupaten Ende Marilonga. 
 
Peringatan Hari Pahlawan ke - 77 ,Kamis 10 November 2022 tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Ende Djafar Achmad yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. 
 
 
Adapun Tema Daerah yang diusung " Dengan Semangat Keteladanan Para Pahlawan, Kita Maju Bersama Membangun Kabupaten Ende yang Berkarakter, Berbudaya dan Berwawasan Nasional".
 
Turut hadir Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede,  Dandim 1602 Ende, Letkol Kav. I Nengah Pendi, Kapolres Ende AKBP Andre Librian, Anggota DPRD Kabupaten Ende, Komandan Kompi BRIMOB Ende Iptu Kornelis Alohoja, Pimpinan BUMN - BUMD, Jajaran Pejabat Lingkup Pemkab Ende, TNI - POLRI, ASN dan Pelajar. 
 
Bupati Ende Djafar Achmad dikesempatan ini  membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Risma Harini.
 
 
Dikatakan Mentri Sosial bahwa  momentum peringatan Hari Pahlawan sebagai perenungan untuk  menemukan jejak perjuangan para Pahlawan. 
 
Indonesia sebut dia, berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita.
 
Pemanasan global, lanjutnya memicu beragam bencana alam, selain itu kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu diantisipasi dan  dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.
 
 
"Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan" pesan dia.
 
Mentri sosial juga mengajak untuk  bergerak dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Untuk itu, dia berharap untuk terus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan.
 
"Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan." ujar dia lagi.
 
 
Dikatakan,  pengelolaan sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi.
 
" Tidak mudah memang tapi pasti bisa. Karena para pahlawan kita telah memberikan teladannya.Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru, kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman" tutur dia lagi.
 
Lanjutnya, dengan senjata, dengan pemikiran, dengan karya-karya nyata, para pahlawan bangsa telah mengajarkan bahwa,  Indonesia bukan bangsa pecundang, dan tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan  dihadapi. 
 
 
"Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku" sebut dia. 
 
Dengan semangat "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", kata Mentri Sosial, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.
 
"Jangan kita mau  dipecah belah, ingatlah slogan Bhinneka Tunggal Ika. Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain" pungkasnya. 
 
 
Mengakhiri sambutannya, Mensos mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memberantas kemiskinan dan kebodohan serta menolak upaya pecah belah demi mewujudkan masyarkat adil dan makmur. 
 
Upacara peringatan Hari Pahlawan, di tutup dengan upacara ziarah di Makam Pahlawan Marilonga, yang ada diseputaran tempat upacara dengan Inspektur Upacara Kapolres Ende, AKBP Andre Librian yang ditandai dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga.***
 

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x