Anggota DPR-RI Julie Sutrisno Laiskodat Bantu Alsintan Bagi Kelompok Tani Di Ende, Ini Pesannya

- 13 September 2022, 07:55 WIB
Anggota DPR-RI Julie Sutrisno Laiskodat saat penyerahan Alsintan
Anggota DPR-RI Julie Sutrisno Laiskodat saat penyerahan Alsintan /Alex RS /
 
 
Warta Sasando - Julie Sutrisno Laiskodat Anggota  DPR - RI ,Senin 12 September 2022 memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), bagi kelompok tani di Kabupaten Ende.
 
Penyerahan Alsintan tersebut dalam rangka memperlancar dan mempermudah petani dalam mengolah lahan dan hasil- hasil pertanian. 
 
Penyerahan dilakukan di desa Welamosa kecamatan Wewaria disela kegiatan Rapat Kerja Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat bersama, Wakil Bupati Ende, para Camat, Lurah dan Kepala Desa seluruh kabupaten Ende  Nusa Tenggara Timur. 
 
 
Julie Sutrisno Laiskodat berpesan  agar bantuan yang diberikan bisa dipergunakan dengan baik dan dirawat sehingga  bisa memperlancar dan mempercepat pengolahan pertanian di wilayah masing-masing. 
 
" Harapan saya  Alsintan ini harus digunakan dan dijaga secara baik untuk membantu bapak dan ibu petani  dalam mengolah area pertanian sehingga meningkatkan perekonomian dan pendapatan" pesan Julie Laiskodat. 
 
Selain itu, anggota DPR RI Komisi IV ini juga mengatakan, dengan bantuan alat dan mesin pertanian ini bisa membantu mengoptimalkan pengolahan lahan bagi para petani. Dan ini sebut dia lagi  adalah  merupakan jawaban dari aspirasi masyarakat (petani) yang disampaikan beberapa waktu lalu kepada dirinya. 
 
 
"Sekali lagi saya berharap, Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang diberikan hari ini harus dijaga, dimanfaatkan sebaik mungkin. Jika ini bisa di maksimalkan tentunya ada dampak positif yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan baik bagi kelompok maupun masyarakat secara umum." ujar Julie Sutrisno.
 
Alsintan yang diberikan kepada kelompok tani di Ende, tambah istri Viktor Bungtilu Laiskodat Gubernur Nusa Tenggara Timur ini, merupakan bentuk dan tanggung jawab dirinya dalam  menjawab aspirasi dan kebutuhan bagi kelompok tani. Dirinya berharap, dengan adanya bantuan ini lahan pertanian bisa dioptimalkan dalam  pengolahannya.
 
" Karena itu harapan saya agar harus dijawab dengan hasil produksi dari kelompok tani .Dan semuanya tentu bermuara demi kesejahterahan bersama" tegas Julie Sutrisno.
 
 
Sementara itu Alusintan yang diserahkan yakni  sebanyak 5 unit Hand Tracktor dan diberikan kepada masing- masing kelompok tani  satu unit. Kelompok tani yang mendapatkan bantuan yakni kelompok Tani  Bogo Sama desa Tou kecamatan Kotabaru, Kelompok Tani Loket  desa Rangalaka di Kecamatan Kotabaru. 
 
Selain itu ,kelompok tani Sangai Sa Ate 3 desa Ranokolo kecamatan Maurole, kelompok tani  Wua Mesu desa Wewari kecamatan Wewaria dan kelompok Tani Asoka kelurahan Mautapaga kecamatan Ende Timur. 
 
Selain itu juga bantuan  Hand Sprayer sebanyak 11 unit kepada kelompok tani Bogo Sama desa Tou kecamatan Kotabaru,  kelompok Sangai Sa Ate desa Ranokolo dan kelompok tani Anakalo 1 desa Keliwumbu keduanya dari kecamatan Maurole. Selain itu kelompok tani Wuamesu dari desa Wewaria kecamatan Wewaria  dan kelompok tani Asoka dari kelurahan Mautapaga kecamatan Ende Timur. 
 
 
Juga dikesempatan ini diberikan bantuan berupa,  Pompa air untuk  kelompok tani Bogo Sama dari desa Tou ,kelompok tani Sangai Sa Ate  desa Ranokolo kecamatan Kotabaru,  kelompok tani Anakalo I desa Keliwumbu kecamatan Maurole, kelompok tani Wua Mesu dari desa Wewaria kecamatan Wewaria  serta kelompok tani Asoka dari kelurahan Mautapaga kecamatan Ende Timur. 
 
Untuk diketahui dalam rangkaian kunjungan kerja Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat, di selingi dengan penyerahan bantuan Alsintan bagi  kelompok tani di Kabupaten Ende. Bantuan yang diberikan hari ini berupa Hand tracktor 5 unit, Mesin pompa air 5 unit,Handsprayer 11 unit. 
Total  keseluruhan bantuan alsintan sebanyak 21 unit .***

Editor: Alex Raja S


Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x