Kunjungi BLK , Wakil Ketua I DPRD Ende Beri Dukungan Penuh Pengembangan Balai Latihan Milik Suster CIJ

- 9 September 2022, 09:04 WIB
Wakil Ketua DPRD Ende Oktavianus Moa Mesi saat Kunker Ke BLK
Wakil Ketua DPRD Ende Oktavianus Moa Mesi saat Kunker Ke BLK /Alex RS /
 
Warta Sasando- Dalam kunjungan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Kongregasi Pengikut Yesus (CIJ),  Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Ende, NTT, Oktafianus Moa Mesi, mendukung penuh pengembangan BLK tersebut. 
 
BLK yang digagas oleh para Suster CIJ tersebut dalam upaya menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai, kususnya disektor pariwisata.
 
Dukungan tersebut disampaikan Wakil Ketua I DPRD Ende, Oktavianus Moa Mesi, saat mengunjungi BLK Konggregasi CIJ, Kamis, 9 September 2022.  
 
 
Terobosan yang dilakukan Kongregasi CIJ menurut dia sangat luar biasa karena menghadirkan balai latihan kerja (BLK). 
 
"Saya memberikan apresiasi dengan terobosan dari Kongregasi CIJ, yang sudah menghadirkan BLK untuk menyiapkan tenaga siap pakai. Secara kelembagaan, tentunya kita akan memberikan dukungan dan kontribusi dalam upaya pengembangan BLK tersebut." tegas Oktavianus Moa Mesi.
 
Balai Latihan Kerja (BLK) CIJ, sebut Wakil Ketua I DPRD Ende, Oktafianus Moa Mesi, juga akan memberikan kontribusi yang besar di sektor pariwisata. Karena  lulusan BLK CIJ yang memiliki kemampuan berbahasa Ingris dan Jepang, sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha dibidang pariwisata dan usaha produktif lainnya.
 
 
"Saya yakin lulusan BLK CIJ akan memberi kontribusi lebih bagi pengembangan sektor pariwisata dan sektor usaha produktif lainnya" ujarnya. 
 
Pemerintah sebut dia, melihat ada kecenderungan peningkatan  kebutuhan dibidang pariwisata. Tentunya,lanjut Vian,  akan membutuhkan tenaga kerja yang mahir berbahasa asing.
 
Kedepan  dengan kemitraan yang baik antara lembaga DPRD dan Pemkab Ende, diharapkan bisa memberikan kontribusi lebih dalam upaya pengembangan BLK CIJ. 
Apalagi  tandasnya, program kerja sama baik disektor pariwisata maupun sektor ekonomi produktif, yang berkaitan langsung dengan masyarakat, bisa melibatkan BLK CIJ.
 
 
"Kita terus mendorong Pemkab Ende mengembangkan berbagai potensi dan kekayaan alam, budaya yang dimiliki untuk mendatangkan pengunjung. Karena itu, kehadiran pengunjung  atau wisatawan khususnya wisatawan asing sangat membutuhkan jasa penterjemah" jelas politisi Partai NasDem ini. 
 
BLK CIJ kini sudah menyiapkan siswa didik yang siap pakai. Karena itu perlu didukung serta didorong agar BLK CIJ semakin maju dan berkembang. 
 
Dia berharap kedepannya BLK CIJ bisa menambah beberapa jurusan sehingga ada alternatif lain bagi siswa yang ingin belajar di BLK CIJ. Disamping itu juga, diharapkan adanya dukungan dari berbagai pihak untuk mengembangkan BLK CIJ. 
 
 
"Kita juga akan bantu untuk  membuka beberapa jurusan lagi sehingga ada alternatif dan menambah ketrampilan bagi siswa didik di BLK CIJ" sebut Vian sambil menambahkan, akan mengajak berbagai pihak untuk bergandengan tangan memberikan dukungan serta kontribusi bagi pengembangan BLK CIJ. 
 
Sementara itu instruktur BLK CIJ, Sr. Robertin CIJ, pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih, atas dukungan dan kehadiran Wakil Ketua I DPRD Ende di BLK CIJ.
 
"Terima kasih atas kunjungan dan dukungan dari Wakil Ketua I DPRD Ende. Kami berharap kemitraan yang sudah dibangun bersama bisa terwujud untuk pengembangan BLK  CIJ. Walaupun dalam keterbatasan, kami tetap konsen dan komit untuk melahirkan tenaga siap pakai yang handal." ungkap Sr. Robertin CIJ. 
 
 
Untuk diketahui, BLK CIJ diresmikan oleh Bupati Ende, H. Djafar Achmad tahun 2021 lalu. Saat ini BLK CIJ menyiapkan dua jurusan bahasa yakni Bahasa Ingris dan Bahasa Jepang. 
 
Para siswa yang tergabung di BLK CIJ dalam proses belajarnya lebih mengutamakan praktik lapangan. Sistimnya 70 persen praktek dan 30 persen teori.
Diharapakan nantinya output yang dihasilkan menjadi tenaga kerja siap pakai khususnya disektor pariwisata.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x