Resmi Luncurkan Tahapan Pemilu 2024 , Ini Penjelasan Ketua KPU Hasyim Asy'ari

- 15 Juni 2022, 10:45 WIB
Peluncuran Tahapan Pemilu  di KPU Ende
Peluncuran Tahapan Pemilu di KPU Ende /Alex RS/
 
WartaSasando- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia secara resmi melakukan Peluncuran Tahapan Pemilu 2024.Peluncuran tersebut dilaksanakan  Selasa, 14 Juni 2022  malam di Jakarta. 
 
Kegiatan tersebut dilakukan secara luring maupun daring diikuti  semua KPUD di 34 Provinsi dan Kabupaten Kota di seluruh Indonesia. Peluncuran tahapan Pemilu 2024 ini, menandai tahapan Pemilu secara resmi mulai dilaksanakan. 
 
Sementara itu kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilu  di Kabupaten Ende  berlangsung di aula kantor KPUD Ende dan dihadiri  oleh seluruh Komisioner KPUD ,Bawaslu,Forkompinda,OPD terkait, Partai Politik  dan organisasi Kemasyarakatan.
 
 
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari dalam sambutannya mengatakan salah satu ciri dari demokrasi adalah dilaksanakan Pemilu secara reguler dimana Pemilu dilaksanakan berdasarkan  amanat konstitusi lima tahunan.
 
"Asas Pemilu itu bukan saja LUBER JURDIL tetapi juga dilakukan 5 tahunan sekali. Untuk itu sebagai Penyelenggara, kami harus memastikan bahwa Pemilu itu dijalankan secara reguler 5 tahunan," ujarnya. 
 
Pemilu dan Pilkada  sebut dia, jika didefenisikan  sesungguhnya adalah sebuah konflik yang dilaksanakan secara sah dan legal untuk meraih kekuasaan ataupun mempertahankan kekuasaan. 
 
 
"Konflik? Itu berangkat dari situasi di mana  bangsa kita majemuk atau plural dengan yang berlandaskan pada Bhineka Tunggal Ika. Kita satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air yaitu Indonesia" sebut dia.
 
Dijelaskan ,kerjasama semua komponen bangsa menjadi sangat penting, karena dengan demikian komitmen untuk menjadikan Pemilu sebagai sarana Demokrasi bangsa sebagai perwujudan dari bhineka tunggal ika terwujud. 
 
"Ada tiga hal penting yang menjadi faktor penting dalam pemilu yakni : peserta Pemilu, Pemilih, dan proses untuk mengekspresikan pilihan bagi pemilih," tegasnya. 
 
 
Dirinya berharap jika pemilu adalah konflik untuk meraih kekuasaan atau mempertahankan kekuasaan maka keberadaan komisioner KPU adalah sebagai manajer Konflik. 
 
"Jika demikian saya berharap  anggota Komisioner KPU dilarang menjadi bagian dari konflik," tegasnya. 
 
Mentri Dalam Negri Tito Karnavian saat membacakan sambutan Presidwn RIJoko Widodo menyatakan , Pemerintah mendukung penuh tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, jadwal Pemilu, dan Pilkada yang sudah ditetapkan. 
 
 
"Pemerintah memberi dukungan penuh kepada KPU RI dan jajarannya baik dari sisi pendanaan, pendataan dan kelengkapan Pemilu; untuk itu KPU jangan ragu - ragu untuk laksanakan Pemilu," tandasnya. 
 
Untuk itu diharapkan tingkat partisipasi pemilih dalam mengikuti Pemilu menjadi sebuah faktor penentu keberhasilan sebuah Pemilu yang berkualitas. Selain itu KPU diingatkan untuk melakukan efisiensi  biaya Pemilu.
 
"Kiranya Pemilu 2024 mendatang diharapkan dapat berjalan lancar, aman, damai, dan sukses" pungkasnya. ***
 

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x