Ratusan Kapal Nelayan Ramaikan Parade Laut Songsong Hari Lahir Pancasila

- 28 Mei 2022, 13:48 WIB
pTitik Akhir Parade Laut bersiap Parade Darat dari {elabuhan Bung Karno
pTitik Akhir Parade Laut bersiap Parade Darat dari {elabuhan Bung Karno /Alex RS/
WARTA SASANDO - Dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, Pemerintah Kabupaten Ende menggelar parade kebangsaan.
 
Yang menarik, parade kebangsaan tak hanya digelar di darat, tetapi juga di laut.
 
Parade laut menggunakan ratusan kapal nelayan yang digelar pada Sabtu 28 Mei 2022 rutenya dimulai dari Pulau Ende menuju Pelabuhan Bung Karno. 
 
Parade laut ini menggambarkan kedatangan Bung Karno saat dibuang ke Ende pada tahun 1934 hingga 1938.
 
 
Sebelum parade laut, Jumat 27 Mei 2022 malam dilakukan doa dan zikir bersama di Kecamatan Pulau Ende. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel Rede.
 
Seperti yang disaksikan di Pelabuhan Bung Karno, ratusan kapal nelayan turut ambil bagian dalam parade tersebut. Kapal nelayan yang mengambil bagian dalam acara tersebut dihiasi dengan pernak-pernik.
 
Selain itu turut dikibarkan bendera merah putih baik ukuran besar maupun kecil menghiasi kapal nelayan. Dari toa yang ada di kapal nelayan juga terdengar lagu-lagu Nasional terutama lagu Garuda Pancasila.
 
 
Nampak speed boat milik Polair terus  mengawal parade laut tersebut.
 
Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede memimpin langsung parade laut.Turut serta dalam rombongan perwakilan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).
 
Dalam Parade laut, peserta membawa plakat burung Garuda,dan talent Soekarno dan Ibu Inggit Ganarsih dimana melambangkan Soekarno dan Ibu Inggit yang diasingkan di kota Ende.
 
 
Setelah tiba di pelabuhan Bung Karno, rombongan diarahkan untuk naik ke KRI Teluk Banteng 516  dan selanjutnya  dilakukan upacara seremoni penyambutan. Sapaan adat dilakukan oleh salah seorang tokoh masyarakat serta pelepasan peserta parade oleh Perwakilan BPIP.
 
Setelah tiba di Pelabuhan Bung Karno, peserta parade disambut dengan tarian dari sanggar SMK St. Vinsensius Ndona. selanjutnya diiringi Marching Band SMPK Frateran Ndao  bergerak  melakukan parade darat***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x