BPIP Sebut Ende Telah Siap Sambut Presiden Jokowi, tapi Perlu Benahi Sarpas

- 20 April 2022, 18:52 WIB
Bupati Ende Bersama Tim BPIP melakukan Jumpa Pers Terkait Kedatangan Jokowi
Bupati Ende Bersama Tim BPIP melakukan Jumpa Pers Terkait Kedatangan Jokowi /Alex RS/

WARTA SASANDO - Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan berkunjung ke Ende, Nusa Tenggara Timur. Orang nomor satu di Indonesia itu rencananya akan memimpin apel peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022 mendatang. 

Berdasarkan survei yang dilakukan beberapa hari di Ende, Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) menyatakan Ende memang layak dikunjungi Presiden RI Joko Widodo.

Hal ini disampaikan oleh Muhammad Waris Yuskan selaku Kepala Bagian Perencanaan BPIP pada konferensi pers di Kantor Bupati Ende, Rabu 20 April 2022.

 
Waris Yuskan mengatakan, survei kesiapan daerah dalam menyambut orang nomor satu di Indonesia tersebut dilakukan sudah sesuai standar kedatangan Presiden.
 
Kabupaten Ende, kata Waris Yuskan, telah siap menyambut Presiden Jokowi. Untuk itu pada Kamis 21 April 2022 besok akan dilanjutkan dengan pertemuan bersama OPD berkenaan dengan alokasi anggaran nantinya.
 
"Yang pasti akan ada sharing dana dengan provinsi dan pusat. Selain itu kita akan bicara dukungan pusat dan provinsi seperti apa selain sharing dana tersebut," ujar dia.
 
 
Waris Yuskan menyebutkan, kendala yang dihadapi yakni mepetnya waktu persiapan, sehingga berdampak pada pembenahan infrastruktur sarana prasarana (sarpras).
 
"Di samping infrastruktur yakni tempat upacara perlu dibenahi sesuai standar kedatangan Presiden RI, juga waktu yang sempit dalam mempersiapkan kedatangan Presiden Jokowi," ujarnya.
 
Namun demikian Waris Yuskan optimis waktu yang ada bisa digunakan oleh Pemkab Ende untuk membenahi kekurangan yang ada.
 
 
Bupati Ende Djafar Achmad terpisah dengan tegas mengatakan, Ende telah siap menerima kedatangan Presiden Jokowi pada peringatan Hari Lahir Pancasila.
 
Berkaitan dengan alokasi dana, Djafar Achmad menyebutkan ada sharing dana dari pemerintah provinsi dan pusat.
 
"Soal berapa besar sharing dana nanti akan dibicarakan saat rapat koordinasi berikutnya bersama OPD terkait," katanya. 
 
 
Menurut Djafar Achmad, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dihadiri Presiden Jokowi merupakan gawe-nya BPIP, sedangkan Pemkab Ende hanya menyiapkan lokasi.
 
Meski masih ada pembenahan sarpras, Bupati Djafar mengatakan secara umum Ende telah siap menerima kedatangan Joko Widodo.
 
"Waktunya memang sempit, namun kita perlu perbaiki beberapa sarana, tapi itu hanya perbaikan kecil dan kita pastikan tanggal 15 Mei 2022 semuanya tuntas," ujar dia lagi.
 
 
Untuk bisa mencapai target pembenahan sarpras Bupati Ende melarang pimpinan OPD dan staf untuk mengambil cuti bersama saat libur Lebaran.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

x