BLUD RSUD Ende Raih Predikat Kinerja Baik Oleh BPKP NTT, Aries Dwi Lestari: Ini Kado Akhir Tahun

- 19 Desember 2021, 18:51 WIB
direktris RSUD Ende dr Aries Dwi Lestark
direktris RSUD Ende dr Aries Dwi Lestark /Alex Raja S/
WARTA SASANDO - Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende raih predikat kinerja Baik.
 
Pemberian kinerja Baik tersebut diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan BPKP NTT Sofyan Antonius, Jumad 17 Desember 2021 di Kantor Bupati Ende.
 
BLUD RSUD Ende dinilai baik BPKP dengan kategori A karena atas dasar evaluasi.
 
 
Direktris RSUD Ende dr. Aries Dwi Lestari , menyatakan hal ini saat menggelar jumpa pers dengan sejumlah media, Minggu 19 Desember 2021.
 
Aries menyebutkan, kinerja RSUD Ende tersebut dikatakan Baik karena capaian kinerja dalam kategori A dengan nilai 69,11.
 
Evaluasi kinerja pada BLUD RSUD Ende  tersebut di tahun buku 2020 antara Perwakilan BPKP provinsi NTT dan Rumah Sakit Umum Daerah kabupaten Ende dinilai Baik.
 
 
Dikatakan dr Aries Dwi Lestari, ada tiga aspek yang menjadi perhatian utama penilaian oleh BPKP Provinsi NTT tersebut.
 
Tiga aspek tersebut masing-masing Aspek Keuangan, Aspek Pelayanan,dan Aspek Mutu dan Manfaat kepada Masyarakat.
 
Untuk aspek Keuangan sebut Aries, yang dilihat rasio keuangan, kepatuhan pengelolaan keuangan Rumah Sakit Umum Daerah kabupaten Ende.
 
 
Sementara aspek Pelayanan adalah pertumbuhan produktivitas, efektivitas pelayanan dan pertumbuhan pembelajaran.
 
Sedangkan aspek mutu dan manfaat kepada masyarakat adalah mutu pelayanan, mutu klinik, kepedulian kepada masyarakat , kepedulian kepada lingkungan dan akreditasi.
 
"Pokoknya semua aspek yang dinilai oleh BPKP Provinsi NTT," kata Aries Dwi Lestari.
 
 
Dia menyebutkan, sebelumnya pada tahun tahun 2018 atau dua tahun yang lalu,juga diberikan evaluasi kinerja bagi RSUD Ende. Namun hasil evaluasi saat itu RSUD Ende meraih kategori B atau kinerja Sedang.
 
"Sebelumnya dua tahun yang lalu kita meraih kategori B atau sedang baru dibawah manajemen saya kita raih kategori A atau baik," ujar Aries Dwi Lestari.
 
Penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh BPKP Provinsi NTT tahun buku 2020 ini dilakukan secara langsung melalui uji petik di lapangan. Dan pihak Rumah Sakit tidak terlibat langsung hanya sebagai fasilitator.
 
 
"Mereka langsung melakukan uji petik di lapangan. Kita hanya sebagai fasilitator saja," ujarnya.
 
Jika ditemukan ada permasalahan,tidak ada toleransi atau yang dia sebut zero toleransi.
 
"Alhamdulillah dalam uji petik di lapangan kita tidak ada," ujar Aries Dwi Lestari.
 
 
Selain melakukan uji petik terhadap tiga kategori tersebut di atas, mereka juga bertemu dengan semua komponen dan perangkat rumah sakit.
 
Karena itu kata dia ,Tim BPKP bukan saja bertemu dengan manajemen namun juga komponen lainnya termasuk fungsional dan staf yang ada.
 
"Mulai dari para dokter, bidan, perawat hingga sekuriti, mereka bertemu semua komponen tidak terkecuali," ujar dia lagi.
 
Aries Dwi Lestari menyebutkan, keberhasilan RSUD Ende dalam meraih predikat kinerja Baik bukan saja karena manajemen  namun semua komponen  termasuk para dokter, perawat, bidan hingga petugas sekuriti.
 
 
"Karena itu terima kasih kepada semuanya.Ini merupakan kado akhir tahun yang indah bagi RSUD Ende," ujarnya.
 
Untuk itu kedepannya, ia berharap bisa dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan.
 
"Bukan saja nlai 69,11 namun bisa lebih dari itu bahkan bila perlu hingga 100 angka sempurna," tekad Aries karena itu dia ingatkan agar para stafnya terus semangat dan jadikan pakta integritas sebagai rambu dalam bekerja.***

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x