Detusoko Barat Peringkat 4 Anugerah Desa Wisata Kategori Desa Berkembang,Ini Kata Kades Nando Watu

- 8 Desember 2021, 07:27 WIB
Kepala Desa Detusoko Barat Ferdinandus Watu Saat Terima Piagam Juara 4 Kategori Desa Berkembang ADW 2021
Kepala Desa Detusoko Barat Ferdinandus Watu Saat Terima Piagam Juara 4 Kategori Desa Berkembang ADW 2021 /dok. Nando Watu/

 

Warta Sasando- Desa Detusoko Barat kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur terpilih sebagai pemenang ke-4 Anugerah Desa Wisata 2021  Kategori Desa Berkembang di Indonesia.
 
Anugerah Desa Wisata dilaksanakan oleh Kementerian Pariwasata dan Ekonomi Kreatif RI ini , diumumkan pada Selasa 7 Desember 2021 malam.
 
Desa Destusoko Barat kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur akhirnya ditetapkan dewan juri sebagai Desa Wisata Berkembang sebagai pemenang ke-4 Anugerah Desa Wisata se- Indonesia.
 
 
Dihubungi ,Rabu 8 Desember 2021 Kepala Desa Detusoko Barat Ferdinandus Watu dari Jakarta menyampaikan rasa gembiranya karena mendapat penghargaan bisa meraih peringkat 4 Anugerah Desa Wisata kategori desa berkembang.
 
" Kaget memang kita bisa dapat penghargaan  Anugerah Desa Wisata kategori  desa wisata berkembang untuk peringkat ke-4" kata Nando Watu yang pernah mengikuti beasiswa Fullbright untuk belajar di Amerika Serikat ini.
 
Dia menyebutkan, awalnya dirinya berpikir Detusoko Barat masuk dalam kategori perintis karena Detusoko Barat baru merintis pembangunan kepariwisataan.Namun oleh Kementrian Detusoko Barat sudah selangkah lebih maju menjadi desa berkembang.
 
 
"Kita baru mulai jadi pikir saya Detusoko Barat masuk kategori perintis.Apalagi dalam setiap kesempatan penilaian dan penjurian saya selalu sampaikan kita baru mulai.Justru secara nasional kita dinilai sudah selangkah lebih maju" ujar Nando Watu yang menamatkan pendidikan di Miami Dade College,Florida Amerika Serikat.
 
Dia menyebutkan, karena itulah Detusoko Barat masuk dalam kategori desa berkembang dan meraih peringkat 4.
 
Diceritakan Nando, awal keikutsertaan Detusoko Barat dalam ajang Anugerah Desa Wisata ini hanya untuk mengenal bagaimana standarisasi sebuah desa wisata.Dan pihaknya tidak berpikir untuk meraih juara seperti sekarang ini.
 
 
" Dalam perjalanan kita masuk 50 besar dan sekarang peringkat ke-4 sebagai desa berkembang" kata Nando yang menyampaikan kebahagiaannya karena ada empat kategori yang dilombakan yakni perintis, berkembang,maju dan mandiri masyarakat dan Detusoko Barat masuk kategori berkembang.
 
Sebagai kepala desa kata Nando,  memanfaatkan semua energi yang ada dalam konteks Anugerah Desa Wisata dan bisa meraih prestasi.
 
Dan dalam suasana kontes Anugerah Desa Wisata, sebut Nando,  bisa bertemu dengan kepala desa lain untuk bisa belajar bersama dan berbagi pengalaman dengan desa yang sudah maju dan mandiri.
 
 
Dia juga menyampaikan kedepannya, Detusoko Barat akan menjadi desa dampingan dari Kementerian Pariwasata dan Ekonomi Kreatif.Karena itu, dukungan dari pemerintah terus menjadi harapan dalam membangun desa ini.
 
Detusoko Barat, sebut Nando akan terbuka untuk berkolaborasi dengan desa - desa yang ada dan berharap kedepannya ada desa lain yang mengikuti ajang seperti ini.
 
" Detusoko Barat dan desa Waerebo di Manggarai tentunya terbuka untuk berkolaborasi dengan desa lainnya di Nusa Tenggara Timur" kata dia.
 
 
Dia juga berharap dukungan riil dari pemerintah agar bisa memajukan desa sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa khususnya dalam mengembangkan pariwisata.
 
Nando Watu juga punya mimpi kedepannya, akan membentuk Asosiasi Desa Wisata di kabupaten Ende dalam rangka mendukung program terintegrasi, tidak hanya Detusoko Barat tetapi juga  desa-desa lainnya.Atau setidaknya akan membentuk Forum bersama untuk mendukung pariwisata.
 
" Membangun pariwisata tidak hanya sebatas administrasi tetapi perlu kolaborasi dengan desa lain dan Detusoko Barat siap buka ruang untuk itu" tegasnya.
 
 
Tidak lupa Nando Watu menyampaikan terimakasih kepada warga Detusoko Barat,Bumdes, Pokdarwis,camat Detusoko,Bupati Ende dan jajaran Forkopimda.Juga Bank NTT yang selama ini mendampingi, Perguruan Tinggi,TN Kelimutu dan Media.
 
" Juga Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur , Kementrian Pariwasata dan Ekonomi Kreatif atas cara masing- masing mendukung Desa Detusoko Barat" pungkasnya.***
 
 
 

Editor: Alex Raja S


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x